China Bangun Bioskop di Pulau Sengketa

China Bangun Bioskop Yinlong dan Putar Film Perdana di Pulau Sengketa di Laut China Selatan

Media pemerintah China mengabarkan, pemerintah negeri itu membangun sebuah bioskop di sebuah pulau sengketa di Laut China Selatan.

China Bangun Bioskop Yinlong dan Putar Film Perdana di Pulau Sengketa di Laut China Selatan
(Wikipedia)
Pulau Woody atau Yongxing adalah yang terbesar dalam jajaran Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BEIJING - Media pemerintah China mengabarkan, pemerintah negeri itu membangun sebuah bioskop di sebuah pulau sengketa di Laut China Selatan. Bioskop itu dibangun di Pulau Woody yang dalam bahasa China disebut dengan nama Pulau Yongxing di kepulauan Paracel, Laut China Selatan. Demikian dikabarkan stasiun televisi CCTV.

Bioskop bernama Yinlong ini sudah memutar film perdananya untuk warga pulau itu pada Sabtu (23/7/2017). Sekitar 200 orang warga pulau termasuk para tentara, menyaksikan film The Eternity of Jiao Yulu, sebuah dokumenter produksi 2014 tentang sekretaris partai komunis yang meninggal dunia karena telalu lelah bekerja pada 1960-an.

Menurut media China, pembangunan bioskop itu dilakukan untuk meningkatkan kondisi kehidupan warga di pulau tersebut.

"Akan diputar sedikitnya satu film setiap hari sehingga personel militer dan warga sipil yang tinggal di pulau itu bisa menikmati hiburan seperti warga China lainnya," kata manajer Hainan Media Group, Gu Xiaojing. Hainan Media Group adalah perusahaan pemilik bioskop di pulau sengketa itu.

Gu menambahkan, film pertama memang bukan film hiburan. Namun, dia berjanji akan memutar film-film blockbuster di waktu yang sama dengan wilayah lain di China.

Dengan areal seluas 2,6 kilometer persegi, pulau ini adalah yang terbesar dalam rangkaian kepulauan Paracel yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan. Saat ini, tinggal sekitar 1.000 warga sipil dan tentara di Sansha City, satu-satunya kota di pulau itu.

Selain menjadi tempat tinggal bagi 1.000 orang warga, Sansha City juga menjadi pusat pemerintahan wilayah perairan dan kepulauan di sekitar Pulau Woody.

(Ervan Hardoko)

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "China Bangun Bioskop di Pulau Sengketa di Laut China Selatan"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved