Berita Pemkab PPU

Ajarkan Anak Gemar Menabung Sejak Dini , SD 09 Petung Jalin Kerja Sama dengan Bankaltim

SD 009 Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah mengajarkan murid mereka untuk gemar menabung sejak lama.

Ajarkan Anak Gemar Menabung Sejak Dini , SD 09 Petung Jalin Kerja Sama dengan Bankaltim
HO - Humas Pemkab PPU
Salah seorang pegawai Bankaltim sedang mensosialisasikan gemar menabung baik kepada orangtua maupun murid SD 009 Petung 

PENAJAM - SD 009 Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah mengajarkan murid mereka untuk gemar menabung sejak lama.

Apalagi menabung sejak usia dini akan memberi manfaat yang positif pada anak termsuk di kemudian hari.

“Anak-anak didik SD 009 ini telah kami ajarkan untuk menjalankan budaya gemar menabung sedini mungkin.

Karena dengan menabung banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan, diantaranya akan belajar hidup lebih berhemat, disiplin dan tidak boros,“ kata Kepala SD 009, Machmud, Selasa, (25/7/2017).

Selain mengajarkan untuk hidup berhemat dan tidak boros lanjutnya, menabung di sekolah juga dapat membantu biaya mereka ketika akan melanjutkan kejenjang sekolah berikutnya setelah lulus dari SD.

Bahkan ia berharap tabungan murid yang dimiliki dapat meringankan bebang orangtua untuk pemenuhan kebutuhan sekolah lainnya.

Kepala SD Petung Machmud bersama orangtua murid dan pegawai Bankaltim memunjukkan buku tabungan usai sosialisasi gemar menabung
Kepala SD Petung Machmud bersama orangtua murid dan pegawai Bankaltim memunjukkan buku tabungan usai sosialisasi gemar menabung (HO - Humas Pemkab PPU)

“Untuk kegiatan menabung di sekolah ini, kami juga telah lama menjalin kerjasama dengan Bankaltim cabang Petung,“ ungkapnya.

Ia menilai bahwa menurut psikolog, mengajarkan anak menabung sejak usia dini bermanfaat untuk pembentukan karakter anak.

Secara luas, masyarakat dunia berubah dengan cepat dan dinamis, karena itu manusia butuh sumber daya yang berkompeten.

Dengan menabung, berarti orangtua telah memfasilitasi perkembangan seluruh aspek kecerdasan anak.

"Saat menabung, anak mulai mengenal angka, belajar menahan diri, dan memahami mana yang jadi prioritas," ujarnya.

Banyak orang lanjutnya, yang beranggapan tidak baik untuk mengenalkan uang pada anak, karena dikhawatirkan akan menjadi konsumtif atau mata duitan.

Namun kata dia, mengenalkan uang kepada anak sejak dini justru akan mengajak mereka menghargai uang, sekaligus belajar berhitung nominal uang tersebut. (advertorial/humas6)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved