Inflasi Juni Tembus 4,39 Persen, Kaltara Klaim Sedang Berbenah Infrastruktur Distribusi Logistik

Irianto Lambrie mengatakan, walau inflasi Kalimantan Utara sedikit di bawah inflasi nasional (4,73 persen), tetap perlu upaya agar lebih tertekan.

Inflasi Juni Tembus 4,39 Persen, Kaltara Klaim Sedang Berbenah Infrastruktur Distribusi Logistik
NET/GOOGLE
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tingkat inflasi Kalimantan Utara bulan Juni 2017 mencapai 4,39 persen (yoy).

Di Kalimantan, tingkat inflasi Kalimantan Utara cukup baik dibanding Kalimantan Timur 4,55 persen, Kalimantan Barat 4,72, dan Kalimantan Tengah 4,97.

Sedang presentase inflasi Kalimantan Selatan cukup baik, hanya 4,19 persen.

"Dengan 4,39 (inflasi Kalimantan Utara) itu jauh lebih baik dibandingkan provinsi lain. Ada memang provinsi yang sangat bagus, seperti Sulawesi Selatan yang di bawah 2 persen. Itu mungkin mereka sudah memiliki  infrastruktur yang bagus dan sistem yang terbangun," kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie saat dikonfirmasi, Kamis (27/7/2018) usai menghadiri Rakornas TPID di Jakarta.

Ada pun provinsi dengan tingkat inflasi tertinggi secara nasional berturut-turut Bangka Belitung 7,11 persen, Riau 6,18 persen, Sulawesi Tengah 5,23 persen, Sulawesi Tenggara 5,21 persen, Sumatera Barat 5,0 persen, dan Lampung 4,91 persen.

Irianto Lambrie mengatakan, walau inflasi Kalimantan Utara sedikit di bawah inflasi nasional (4,73 persen), tetap perlu upaya agar lebih tertekan.

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tertinggi Nasional, Kaltara Tertinggi Kedua di Kalimantan

Langkah yang tengah dilakukan Pemprov sebut Irianto ialah mempermudah mata rantai distribusi logistik dari luar dan di dalam Kalimantan Utara melalui perbaikan, peningkatan, dan pembangunan infrastruktur antar moda baik laut, darat, maupun udara.

"Kita sedang menata infrastruktur. Sebagian sudah ada yang selesai. Bandara Nunukan diperpanjang, Bandara Juwata juga makin ramai sejak peningkatan terminal. Pelabuhan laut dan sungai juga tengah kita benahi," sebutnya.

"Infrastruktur yang bagus tentu memudahkan distribusi logistik. Bandara cukup banyak yang sedang diperpanjang. Jalan dari Tanjung Selor ke Malinau juga semakin baik. Hal-hal ini bahkan sudah mulai kita bergerak sewaktu masih era Penjabat Gubernur," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved