Al Qaeda di Yaman Menyerahkan Diri

Pemimpin Senior Al-Qaeda di Yaman Menyerahkan Diri ke Aparat Keamanan

Seorang pemimpin senior Ansar al-Sharia, cabang lokal Al-Qaeda di Semenanjung Arabia, menyerahkan diri kepada aparat keamanan Yaman.

(Al Arabiya)
Pimpinan Al-Qaeda di Yaman, Khaled Abdelnabi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANAA - Seorang pemimpin senior Ansar al-Sharia, cabang lokal Al-Qaeda di Semenanjung Arabia, menyerahkan diri kepada aparat keamanan Yaman. Menurut media massa Yaman, Khaled Abdelnabi menyerahkan diri pada Sabtu (30/7/2017) malam di distrik Yafa'a, provinsi Lahij.

Komandan unit darurat yang bertugas di Yafa'a, Jalal al-Rabini mengatakan, Abdelnabi kini sudah ditahan dan akan diserahkan ke aparat yang berwenang. Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah Yaman. Pernyataan akan diberikan setela Abdelnabi diserahkan dan diperiksa.

Abdelnabi alias Abu Basir al-Yazidi adalah salah seorang yang paling dicari intelijen Amerika Serikat. Dia memerintah wilayah apa yang disebutnya sebagai "Keemiran Jaar" di Abyar, wilayah selatan Yaman setelah kawasan itu direbut Al-Qaeda antara 2011-2012.

Setelah Al-Qaeda terusir dari kota itu, keberadaan Abdelnabi tak diketahui dan aparat keamanan Yaman terus mengejarnya selama beberapa tahun terakhir. Abdelnabi pernah bertempur bersama Osama bin Laden di Afganistan dan hubungannya dengan Osama sangat dekat.

Menurut sejumlah laporan, Abdelnabi juga dekat dengan presiden Yaman yang digulingkan Ali Abdullah Saleh. Pada 2004, Abdelnabi memuji Presiden Saleh karena keterbukaan dan toleransinya terkait pembebasan para anggota militan Islam yang ditahan di penjara-penjara Yaman

 (Ervan Hardoko)

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "Petinggi Senior Al-Qaeda di Yaman Menyerahkan Diri"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved