Angka Kemiskinan di Samboja Kukar Capai 27 Persen

Angka kemiskinan disumbang oleh para pendatang yang tinggal di Samboja untuk mencari kerja.

Angka Kemiskinan di Samboja Kukar Capai 27 Persen
Facebook/Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin (5/12/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO - Angka kemiskinan mencapai 27 persen di Kecamatan Samboja, Kukar. Angka ini cenderung meningkat tiap tahunnya. Ia disampaikan langsung Camat Samboja, Ahmad Junaidi.

"Kalau data kemiskinan di Samboja ada berbagai macam versi, yakni versi SWTM (Santunan Warga Tidak Mampu) dan PKH (Program Keluarga Harapan). Data dari PKH tahun lalu, angka kemiskinan mencapai sekitar 15 ribu orang, sedangkan angka ini naik menjadi 17 ribu orang dari total jumlah penduduk Samboja sebanyak 62 ribu pada 2017," kata Junaidi usai mengikuti kegiatan Bimbingan Teknik di Pendopo Wakil Bupati, Selasa (1/8).

Sedangkan data penduduk miskin versi PKH mencapai 12 ribu pada tahun ini. Sebagian kecil, lanjut Junaidi, angka kemiskinan disumbang oleh para pendatang yang tinggal di Samboja untuk mencari kerja.

"Namun tahun ini laporan jumlah pendatang belum ada yang menonjol. Gelombang masyarakat yang berduyun-duyun datang nggak ada karena memang kondisi perusahaan di Samboja lagi sepi, hampir tidak ada penerimaan tenaga kerja lagi," tuturnya.

Ia mengatakan, pendatang ramai datang ke Samboja saat tambang batubara mencapai era kejayaannya. Setelah tambang habis, para pendatang tersebut tetap bertahan. Mereka mau balik ke tempat asalnya justru tidak punya uang sehingga menjadi beban Kabupaten Kukar.

"Samboja ini memang sangat luas dan penduduknya juga banyak. Daerah ini juga banyak bergantung pada industri migas dan batubara. Ketika kedua sektor ini lesu ikut berimbas pada ekonomi masyarakatnya," ujarnya.

Selama ini Kukar menjadi daerah tujuan bagi kaum pendatang karena sektor pertambangan menjadi daya tarik bagi penduduk pendatang untuk mencari kerja. Kondisi sekarang justru banyak penduduk yang keluar daripada masuk ke Kukar. Sementar itu angka kemiskinan di Kukar sekitar 7 persen dari total penduduk Kukar yang mencapai 662.481 jiwa per April 2017.

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved