Pemerintah Obral Remisi di HUT RI, Ahok Dapat Juga?

Sebanyak 92.816 narapidana dan tahanan menerima remisi pengurangan masa tahanan dan remisi langsung bebas pada HUT RI.

Pemerintah Obral Remisi di HUT RI, Ahok Dapat Juga?
POOL / KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengikuti sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017). Majelis hakim menjatuhkan hukuman pidana 2 tahun penjara. Basuki Tjahaja Purnama dan kuasa hukumnya menyatakan banding. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebanyak 92.816 narapidana dan tahanan menerima remisi pengurangan masa tahanan dan remisi langsung bebas pada hari ulang tahun Indonesia ke-72, Kamis (17/8/2017).

Namun mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tidak termasuk dalam warga binaan pemasyarakatan yang menerima remisi tersebut.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan bahwa Ahok tidak mendapatkan remisi, lantaran belum memenuhi syarat untuk menerima pengurangan hukuman.

"Enggak dapat remisi. Belum memenuhi syarat," kata Yasonna di kantornya, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Ahok dianggap tidak memenuhi syarat karena belum menjalani masa kurungan minimal enam bulan.

Ia diketahui baru menjalani masa kurungan kurang lebih tiga bulan lebih, sejak divonis pada awal Mei 2017 lalu.

"Kalau syarat administratif itu minimal untuk bisa menerima revisi harus sudah menjalani enam bulan masa hukuman," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kemenkumham, Ma'mun.

Meski demikian, ke depan, Ahok tidak menutup kemungkinan akan bisa diusulkan untuk menerima remisi jika persyaratannya administratif dan substantifnya terpenuhi.

"Kita lihat perkembangannya. Apakah syarat administratif terpenuhi. Apakah perilakunya baik tidak melanggar tata tertib di dalam. Selama ini kooperatif ya enggak ada masalah," tutup Ma'mun. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved