Ikan Kukus dengan Saus Jahe, Rasanya Lembut dan Hangat

Ginger Steam Fish siap disantap. Tekstur ikannya begitu lembut. Kemudian aroma jahe dari ikan dan sausnya begitu kuat.

Ikan Kukus dengan Saus Jahe, Rasanya Lembut dan Hangat
TRIBUN KALTIM/ JINO PRAYUDI KARTONO
Ginger Steamed Fish 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- KULINER gaya oriental memiliki gaya yang mirip dengan kuliner Indonesia. Baik dari segi pengolahan, citarasa hingga bahan yang dipakai hampir sama dengan kuliner di Tanah Air. Seperti kuliner ikan yang bernama Ginger Steamed Fish ini.

Kuliner ini menggunakan ikan laut sebagai bahan utamanya. Ismania Alsea, juru masak The Square Balikpapan mengatakan proses pembuatan ikan ini dengan metoda kukus atau steam. Ikan yang dipakai merupakan jenis ikan kakap. Proses pembuatan kuliner ini pun tidak memakan waktu yang cukup lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke tangan para konsumen.

Kemudian bahan-bahan seperti bumbunya pun masih mudah ditemukan di Indonesia. Seperti jahe, bawang prei, garam, chicken powder. Proses pemasakan kuliner ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama ikan disteam terlebih dahulu.

Sebelum di steam oleskan bumbu dari campuran jahe, bawang prei, garam dan chicken powder. Kemudian steam dengan hotplate sebagai alasnya sekitar 15 menit. Sembari menunggu ikannya di steam, Nia membuat saus untuk si ikan kakap. Sausnya berasal dari perpaduan kecap asin dengan tambahan perasa jahe, coriander leave, dan daun bawang. "Sausnya kita steam agar menguatkan aroma jahenya," kata Nia.

Setelah ikanya matang tuang saus jahe ke atas ikan tersebut. Voila, Ginger Steam Fish siap disantap. Tekstur ikannya begitu lembut. Kemudian aroma jahe dari ikan dan sausnya begitu kuat. Dan ada sedikit ada rasa asin dari kecapnya tersebut. (*)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved