Tak Temukan Radiasi Nuklir

Pemerintah Jepang dan China Tak Temukan Radiasi Nuklir dari Uji Coba Bom Korut

Pemerintah Jepang dan China, Senin (4/9/2017) mengaku belum mendeteksi adanya radiasi dari uji coba nuklir Korea Utara.

Pemerintah Jepang dan China Tak Temukan Radiasi Nuklir dari Uji Coba Bom Korut
(AFP PHOTO/KIM WON-JIN)
Warga menyaksikan video pada layar besar di Jalan Mirae Scientists di Pyongyang, Korea Utara, yang menampilkan pembawa acara Ri Chun-Hee mengumumkan berita bahwa negara tersebut berhasil menguji coba bom hidrogen pada Minggu (3/9/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, TOKYO - Pemerintah Jepang dan China, Senin (4/9/2017) mengaku belum mendeteksi adanya radiasi dari uji coba nuklir Korea Utara. Pernyataan ini muncul di tengah kekhawatiran akan adanya kebocoran saat uji coba nuklir dilakukan di bawah tanah, kemarin. 

Jurubicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga mengatakan, tidak temuan khusus dari pos-pos pemantauan yang ada di seluruh negeri itu. Termasuk juga dari sampel udara yang diambil oleh Angkatan Udara Jepang, setelah uji coba Minggu (3/9/2017). 

Kementerian Lingkungan China mengatakan, tingkat radiasi di dekat perbatasan Korea juga normal.  "Hasil pemantauan memperjelas bahwa uji coba nuklir Korea Utara ini hingga saat ini tidak menghasilkan dampak terhadap lingkungan bangsa kita atau masyarakat."

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan, Tokyo telah mengerahkan pesawat "sniffer" yang mampu mendeteksi partikel radioaktif.

Ketakutan akan kebocoran dari peledakan yang disebut Korut sebagai bom hidrogen terjadi setelah China mendeteksi getaran kedua sesaat setelah gempa awal yang dipicu oleh ledakan tersebut.

Disebutkan, getaran kedua, sebesar 4,6 magnitudo bisa disebabkan oleh keruntuhan "gua", yang membentuk jalan menyusul ledakan bebatuan dalam uji coba tersebut. 

Ledakan yang dihasilkan jauh lebih besar dari tes sebelumnya, dan dirasakan oleh penduduk di kota-kota China yang berjarak ratusan kilometer dari perbatasan Korut.

 (Glori K. Wadrianto)
 

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "Jepang dan China Tak Temukan Radiasi Nuklir dari Uji Coba Bom Korut"

Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved