Berita Pemkab Kutai Timur

TP PKK Kutim Belajar ke Deli Serdang

Dasawisma sebagai salah satu program kegiatan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan program-program gerakan PKK.

TP PKK Kutim Belajar ke Deli Serdang
HUMAS PEMKAB KUTIM/Rusliansyah
Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Encek UR Firgasih dan TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kutim belajar ke Deli Serdang Sumatera Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, LUBUK PAKAM - Dalam upaya peningkatan wawasan pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan kunjungan kerja dan pembelajaran dasawisma selama lima hari di Deli Serdang (Medan), Sumatera Utara.

Kegiatan yang dipimpin ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Encek UR Firgasih beserta Sekertaris Daerah Kabupaten Kutim, Irawansyah, diikuti perwakilan Camat dari 18 kecamatan se-Kutim,  serta perwakilan TP PKK kecamatan.

Dasawisma sebagai salah satu program kegiatan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan program-program gerakan PKK di tingkat kecamatan dan desa,  yang nantinya akan berpengaruh pada kegiatan gerakan PKK di Kabupaten.

Sesuai dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Baca: Menkeu Setujui PKP2BMN Pesawat Perintis Subsidi, Jadwal Penerbangan Segera Keluar

Baca: Bupati Hadiri KTI Nasional II Papua, Budaya Integritas Harus Diterapkan di Kutim

Baca: Terganjal Pendanaan, 80.000 Warga Kutim Belum Rekam e-KTP

Dimana dasawisma adalah kelompok terkecil yang sangat berperan dalam melaksanakan pendataan keluarga dalam kelompok keluarga kecil ditingkat kecamatan dan desa.

“Kunjungan kami, bertujuan melihat secara langsung bagaimana TP PKK Deli Serdang mengelola dasa wisma bisa menjadi juara di tingkat nasional,” ungkap Firgasih.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di antaranya belajar menyusun anggaran serta bagaimana menjadi Camat berprestasi.

Dengan harapan, ilmu yang telah diperoleh dapat diimlementasikan di kecamatan dan desa agar progam Bupati Kutim Fokus dan Tuntas bisa terlaksana.

“Targetnya adalah peningkatan kualitas SDM dalam mewujudkan pembangunan Kutim yang fokus dan tuntas. Apa yang diperoleh di Sumatera Utara, bisa diterapkan di Kutim. Terutama dalam pengelolaan dasa wisma,” kata Firgasih.

Senada, Sekertaris Daerah Kabupaten Kutim, Irawansyah mengatakan kunjungan kali ini merupakan bagian dari pembelajaran untuk memajukan daerah Kutim.

Minimal ada perbandingan dalam mengukur sebuah keberhasilan program-program pembangunan di masyarakat yang sudah dilaksanakan.

“Jika kita hanya belajar di daerah kita saja tidak melihat langsung di daerah lain, kita tidak akan bisa membandingkan kemajuan  daerah lain paling tidak kita mengambil  hal-hal yang positif di sana untuk bisa di implementasikan atau diterapkan di Kabupaten Kutim, seperti dasa wisma, kegiatan-kegiatan PKK, Dekranasda dan hal-hal positif lainnya untuk menuju Kutim Fokus dan Tuntas,” ujarnya.(advertorial/hms11)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved