Pembagian Bantuan Tiga Warga Tewas

Tiga Orang Tewas Saat Pembagian Bantuan Pakaian di Dekat Kamp Pengungsian

Seorang wanita dan dua anak terbunuh saat pembagian bantuan pakaian tak resmi di dekat kamp pengungsiRohingya di Kutupalong, Banglades.

Tiga Orang Tewas Saat Pembagian Bantuan Pakaian di Dekat Kamp Pengungsian
(ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)
Pengungsi Rohingya berjalan di jalan berlumpur setelah menyebrangi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Minggu (3/9/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, KUTUPALONG - Seorang wanita dan dua anak terbunuh saat pembagian bantuan pakaian tak resmi di dekat kamp pengungsiRohingya di Kutupalong, Banglades. Tiga orang -yang nama dan identitasnya tak diungkapkan ke publik, tewas pada hari Jumat pekan lalu.

Saat itu, bantuan bagi para pengungsi dilemparkan dari atas truk di Balukhali Pan Bazar, dekat kamp pengungsi Kutupalong.

Demikian dijelaskan Kelompok Koordinasi Antar Sektor (ISCG) di Banglades, yang dikutip CNN dalam pemberitaan Senin (18/9/2017).

Kematian tersebut merupakan peringatan nyata atas keputusasaan yang terjadi di kamp-kamp pengungsi Rohingya di dekat perbatasanMyanmar.

Di tempat itu diperkirakan 409.000 pengungsi telah tiba sejak 25 Agustus, lebih dari dua kali lipat jumlah pengungsi Rohingya yang telah ada sebelumnya.

"Saya tidak bisa membawa apa pun, pakaian saya ini diberi oleh seseorang di sini," kata pengungsi Rohingya, Romiza Begum.

"Saya kehilangan segalanya, tidak ada yang tertinggal di rumah saya di Myanmar, semuanya hancur."

Eksodus tersebut dimulai setelah gerilyawan Rohingya membunuh 12 petugas keamanan di pos-pos perbatasan di Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Aksi itu mengakibatkan "operasi pembersihan" yang dilakukan militer Myanmar terhadap permukiman Rohingya di Rakhine.

Amnesty International menuduh militer Myanmar dengan sengaja membakar desa Rohingya di dekat perbatasan Banglades dalam aksi "pembersihan etnis."

Halaman
12
Editor: Maturidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved