Incar Mobil Mewah untuk Raup PAD, Bapenda Kaltim Door to Door Datangi Pemilik Mobil

Tidak hanya Jakarta dan kota-kota besar di Jawa, kendaraan (mobil) mewah juga banyak berseliweran di Kota Balikpapan, Samarinda, dan daerah di Kaltim.

Incar Mobil Mewah untuk Raup PAD, Bapenda Kaltim Door to Door Datangi Pemilik Mobil
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tidak hanya Jakarta dan kota-kota besar di Jawa, kendaraan (mobil) mewah juga banyak berseliweran di Kota Balikpapan, Samarinda, dan daerah di Kaltim. Mobil kategori mewah di Jakarta mungkin sedikit berbeda dengan Kaltim.

"Klasifikasi mobil mewah sebenarnya belum ada. Yang ada kendaraan dengan pajak Rp 100 juta ke atas. Kalau itu, di Kaltim belum ada. Kalau pun ada itu biasanya kendaraan luar, plat nomor B (Jakarta)," kata Masudi Artha, Kepala UPTD Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim wilayah Balikpapan saat ditemui Tribun, akhir pekan lalu.

Baca: VIDEO – Setelah Ditemukan Dua Jasad Terkaman Buaya Ritual Ini Selanjutnya Dilakukan

Informasi yang dihimpun Tribun, di Balikpapan terdata sekitar 180 unit mobil mewah. Dengan catatan, klasifikasi mobil dengan pajak di atas Rp 10 juta. "Kebanyakan di sini (Balikpapan) jenis Alphard, BMW, dan Mercy," katanya.

Lebih jauh, Masudi mengungkap dari 180 pemilik mobil mewah tersebut, sekitar 50 pemilik yang bermasalah dengan pajak. Mereka tercatat menunggak pembayaran pajak kendaraan.

"Memang ada beberapa pemilik yang 'nakal'. Tapi kita datangi dan lakukan langkah persuasif untuk bayar pajak. Kami imbau segera bayar pajak, apalagi ada Pergub 17 meringankan PKB hingga September ini," ujar Masudi.

"Yang terbesar, ada sekitar 2 tahunan menunggak, nilainya hampir 240 jutaan," sambung Yudi sapaan akrabnya.

Baca: Kerap Unggah Foto Umbar Belahan Dada, Muncul Foto Masa Lalu Gisel, Ada yang Berubah?

Sebagian besar pemilik mobil mewah kebanyakan sudah menyadari taat pajak. Yudi menyebutkan, perusahaan Karunia Wahana Nusa yang memiliki lebih dari dua unit mobil mewah salah satu perusahaan taat bayar pajak di Balikpapan.

Dikemukakan, dalam setahun Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terhimpun dari mobil-mobil mewah di Balikpapan mencapai angka Rp 5 miliar. "Itu merujuk data 2016 lalu," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved