Dipersiapkan jadi Tempat Wisata, Semak Belukar di Meriam Jepang Markoni Mulai Dibersihkan

Tempat bersejarah ini cocok menjadi lokasi wisata sejarah dan budaya dan wisata alam karena kondisi lingkungannya yang masih asri, rindang dan nyaman.

Dipersiapkan jadi Tempat Wisata, Semak Belukar di Meriam Jepang Markoni Mulai Dibersihkan
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Kegiatan bersih-bersih meriam jepang di Markoni Atas, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (21/9/2017) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Situs peninggalan sejarah perang dunia kedua, meriam jepang di Markoni Atas Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dilakukan perawatan.

Pengamatan Tribunkaltim.co pada Kamis (21/9/2017) sekitar pukul 10.00 Wita, meriam yang sudah berkarat coklat tersebut dilakukan pembersihan.

Baca: Keluar Dari Girlband, Artis Ini jadi Mualaf dan Pakai Hijab

Seperti di antaranya dibersihkan pada bagian sekeliling meriam yang telah diselimuti rumput-rumput gajah dan rimbunan semak belukar.

Saat ditemui, Rosalinda Tumbelaka, juru bicara komunitas sejarah Balikpapan Tempo Doeloe Balikpapan mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih sering dilakukan secara rutin.

"Kalau sempatnya setiap tiga bulan sekali dibersihkan," katanya kepada Tribunkaltim.co di lokasi situs meriam Markoni Atas.

Baca: Berani Sediakan Prostitusi di Tempat Karaoke, Siap-siap Dapat ini dari Polisi

Ia menjelaskan, situs meriam Jepang tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan mesti dirawat karena perlengkapan pertahanan perang ini sudah masuk sebagai situs cagar budaya yang ada di Kota Balikpapan.

"Tiap tiga bulan pasti semak belukar tumbuh cepat, menutupi area meriam. Kalau tidak dibersihkan nanti tidak kelihatan meriam ya," ungkap Rosalina.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved