Syahrun Ingatkan Awang, Siapkan Pengganti Rusmadi

Jika Rusmadi resmi mendaftar ke KPU Kaltim di pemilihan gubenur 2018, maka sudah harus mempersiapkan siapa calon penggantinya.

Facebook/Kaltim Bermartabat
Aksi bakal calon gubernur Kaltim Rusmadi Wongso saat menyanyikan cover lagu milik band Armada. 

SAMARINDA, TRIBUN - Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Syahrun mengingatkan Gubernur Kaltim, untuk mempersiapkan calon pengganti Rusmadi Wongso yang kini menjabat Sekretaris Provinsi Kaltim. Kata dia, jika Rusmadi resmi mendaftar ke KPU Kaltim di pemilihan gubenur 2018, maka sudah harus mempersiapkan siapa calon penggantinya.

"DPRD kan mengimbau saja, gubernur segera mempersiapkan calon pengganti sekdanya. Itu, kalau Pak Sekda jadi daftar (sebagai calon gubernur Kaltim) bulan Januari ke KPU," kata Alung, usai menggelar rapat paripurna jawaban pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi tentang nota keuangan P-APBD Kaltim 2017, di DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Senin (25/9).

Menurut dia, sebelum Rusmadi Wongso mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekprov karena maju di Pilgub Kaltim, sudah menyiapkan calon penggantinya definitif. "Kan tidak susah. Verifikasi dan fit and propertes dari yang beberapa pejabat yang sudah memenuhi syarat sebagai calon Sekda," tutur Alung, sapaan akrab politisi asal Partai Golkar.

Dengan mempersiapkan diri sejak sekarang calon sekda, lanjut dia, kinerja sekretaris daerah bisa dilanjutkan. ?"Jangan Plt, karena tidak bisa leluasa mengambil keputusan. Nanti lama lagi. Jadi yang definitif," ujarnya.

Hanya saja, Alung menambahkan, berdasarkan UU setiap pegawai negeri sipil yang mencalonkan diri sebagai kandidat di pilkada, mengundurkan diri dari jabatannya atau berhenti sebagai PNS pada saat pendaftaran dirinya diterima dan resmi sebagai bakal calon. "UU itu yang mengatur, setelah resmi mendaftar dan diterima, maka dia (si calon) mengundurkan diri atau berhenti (dari PNS)," katanya.

Sejak tiga bulan lalu, Rusmadi memutuskan siap maju di pentas Pilgub Kaltim dan mencalonkan diri sebagai kandidat bakal calon gubernur Kaltim periode 2018-2023.

Rusmadi sudah mendaftar ke empat partai yang diincar untuk menjadi kendaraan politik di Pilgub Kaltim mendatang. Tiga partai yang dilamar yakni PDIP, PKB, PPP dan Hanura.
Rusmadi pernah mengatakan kepada wartawan, bahwa ia taat hukum terkait pencalonannya. Dalam aturan perundang-undangan pejabat/pegawai negeri sipil/ mundur atau memberhentikan diri dari jabatannya, apabila sudah resmi terdaftar sebagai kandidat di pilkada.

"Saya memahami aturannya. Kan setelah resmi mendaftar di KPU baru mengundurkan diri. Tapi kalau belum resmi terdaftar di KPU sebagai bakal calon atau tidak jadi, ya tidak jadi mundur," tandasnya. (bud)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved