Breaking News:

Dishub Balikpapan Disarankan Buka Telepon Pengaduan

Dinas Perhubungan Kota Balikpapan akan menggelar uji publik terhadap Standar Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Aula Kantor.

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Adhinata Kusuma
TRIBUN KALTIM/DOK
Sudirman Djayaleksana, Kepala Dinas Pehubungan 

BALIKPAPAN, TRIBUN - Dinas Perhubungan Kota Balikpapan akan menggelar uji publik terhadap Standar Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Aula Kantor Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, besok, Kamis (27/9).

Ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang salah satunya mengamanatkan adanya kewajiban penyelenggara pelayanan mengikutsertakan atau melibatkan masyarakat dalam penyusunan dan penetapan standar pelayanan.

Sudirman Djayaleksana, Kepala Dishub Balikpapan mengatakan ini yang pertama uji publik dan memang sengaja dilakukan untuk memenuhi syarat dari para penyusunan standar pelayanan yang sudah ada.

"Jadi sudah melakukan perubahan layanan sejak 2015 tapi standar pelayanan itu kan kami yang buat, bagaimana masyarakat bisa merasa baik menerima pelayanan dari kami yang buat. Nah kita uji, kita mau mendapat respon dari masyarakat apakah yang sudah kami susun dalam rangka standard pelayanan," kata Dirman.

Dengan begini diketahui apakah sudah memenuhi kebutuhan dengan baik dari sisi masyarakatnya. Oleh sebab itu dilibatkan masyarakat untuk merespon. "Jadi saran kritik masukan memang kita harapkan dalam rangka perbaikan standard pelayanan tadi. Alhamdulillah besok (hari ini) sudah kita coba lakukan berbagai masukan baik yang kuesioner secara online juga kami berikan," ungkapnya.

Ada beberapa masukan berharga yang bukan hanya terkait dengan pelayanan pengujiannya tetapi juga bagaimana meningkatkan hasil uji tadi. Karena ujian tadi berkaitan dengan keselamatan kendaraan di jalan.

"Bagaimana setelah diuji mereka beroperasi di jalanan ketika ada sesuatu di jalan kita bisa respon cepat. Masukannya dengan memasang rumah telepon pengaduan. Bukan hanya di pengujian tetapi juga di mobil-mobil seperti angkutan kota kita pasang juga di angkutan barang," katanya.

Disampaikam Dirman kalau total yang ada sementara data Dishub kendaraan angkutan ada 48-50 ribu, yang setiap renam bulan sekali harus uji publik. "Tapi kan ada kendaraan Balikpapan dibawa ke luar Kalimantan ya izinnya harus di sana, jadi dia pakai surat pengantar dari sini," katanya. (dha)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved