Sekprov jadi Kandidat Bacagub, Tergantung Gubernur Mau Mengganti atau Tidak

Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim, Syafruddin membenarkan bahwa sembilan fraksi menyarankan untuk mencopot jabatan Sekretaris Provinsi.

Sekprov jadi Kandidat Bacagub, Tergantung Gubernur Mau Mengganti atau Tidak
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Tiga kandidat bakal calon gubernur Kaltim, Syaharie Jaang, Rusmadi Wongso dan Yusran Aspar, kompak berjabat tangan sebelum mengikuti dialog kandidat bakal cagub Kaltim, yang digelar PPP Kaltim, di Hotel Aston Jalan Hidayatullah, Samarinda, Rabu (20/9/2017). 

SAMARINDA, TRIBUN - Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim, Syafruddin membenarkan bahwa sembilan fraksi menyatakan mendukung dan menyarankan untuk mencopot jabatan Sekretaris Provinsi Kaltim, Rusmadi Wongso.

Usulan dan saran itu, kata dia, tidak hanya terkait kinerjanya sebagai Sekprov menjelang pembahasan RAPBD 2018 mendatang, melainkan ada pertimbangan persiapan dirinya untuk maju di pemilihan gubernur Kaltim 2018.

"DPRD sudah sepakat mengusulkan copot (mengganti) posisi Sekprov. Tinggal tergantung Pak Gubernur mau memprosesnya sampai ke Presiden tidak," kata Syafruddin, yang menjabat Ketua DPW PKB Kaltim, kepada Tribun, Rabu (18/10).

Baca: Soroti Jabatan Sekprov Kaltim, Castro: Sejak Nyatakan Maju, Copot Jabatan

Baca: Syahrun Ingatkan Awang, Siapkan Pengganti Rusmadi

Menurut dia, lantaran Rusmadi menyatakan siap maju sebagai bakal calon gubernur Kaltim, dikhawatirkan mengganggu tugasnya sebagai pemegang kebijakan. "Saya dapat informasi karena dia sibuk komunikasi dengan partai maupun figur yang mencalonkan, tanggungjawab dan kepercayaan yang diberikan (gubernur) ya begitu," katanya.

Misalnya, soal usulan tambahan dana bonus KONI Kaltim yang tidak terakomodir di P-APBD Kaltim 2017. "Komunikasi dengan beberapa kandidat bakal cagub Kaltim tidak dilaporkan. Sementara, Awang Ferdi Hidayat yang disiapkan bapaknya (Awang Faroek) nyaris tidak ada komunikasi dan terkesan ditinggalkan," katanya.

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved