Asyik, Festival Mahakam Digelar Lagi mulai 3 November

Beragam budaya khas Samarinda akan ditampilkan kembali di Festival Mahakam. Festival yang digelar kali ke 17 ini akan berlangsung 3-5 November ini.

Asyik, Festival Mahakam Digelar Lagi mulai 3 November
HO
Lomba perahu ketingting di Sungai Mahakam dalam ajang Festival Mahakam yang lalu. 

SAMARINDA, TRIBUN - Beragam budaya khas Samarinda akan ditampilkan kembali di Festival Mahakam. Festival yang digelar kali ke 17 ini akan berlangsung 3-5 November ini.

Selain sederet pertunjukan seni dan budaya, kegiatan Festival Mahakam akan banyak difokuskan di Sungai Mahakam, yang menjadi ikon Kota Tepian.

"Walaupun kondisi keuangan Pemkot masih belum normal namun dengan semangat dan dukungan banyak pihak kembali kami hadirkan Festival Mahakam tanggal 3-5 November 2017," ujar Muhammad Faisal, Kepala Dinas Pariwisata kota Samarinda.

Baca: Tari Dayak Bikin Warga Malang Kagum di Festival Mahakam

Baca: Meriahnya Festival Mahakam, dari Makan Behimat hingga Lomba Tari Kreasi Daerah

Beberapa lomba yang berpusat di Sungai Mahakam yakni berenang menyeberangi Sungai Mahakam, Lomba Balap Perahu Tambangan, Lomba Balap Power Boating, Lomba Balap Perahu Dompeng dan Lomba Jetski.

"Tahun ini juga kita gelar kembali ekshibisi untuk Lomba Balap Perahu Naga untuk 10 orang, setelah sempat absen beberapa tahun ini, mudah-mudahan tahun depan bisa di laksanakan secara utuh untuk perahu 10 dan 20 orang." kata Faisal.

Khusus untuk Lomba Renang menyeberangi sungai Mahakam dibagi menjadi dua kelas masing-masing Junior dan Senior serta terbagi juga kategori putera dan puteri,

"Lomba ini adalah salah satu yang khas di Festival Mahakam dan paling ditunggu masyarakat kota Samarinda, dengan rata-rata jumlah peserta sekitar 100 orang, untuk tahun ini kita target diikuti oleh 150 an peserta." katanya lagi.

Tak kalah seru adalah lomba perahu tambangan, power boating, dompeng maupun Jetski. Warga, kata Faisal bisa menyaksikan peserta lomba berpacu dengan kecepatan tinggi dan kelihaian mengemudi di sungai Mahakam. Bahkan, alur sungai Mahakam harus ditutup sementara selama pelaksanaan acara ini.

"Jangan lupa saksikan semua lomba di perairan Sungai Mahakam ini dengan titik start dan finish di dermaga kantor Gubernur jalan Gajah mada Samarinda mulai pukul 07,00 pagi hingga sore hari pada hari Minggu tanggal 5 November 2017" tutur Faisal. (rad)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved