Plt Bupati Kukar Minta Kepala Desa Kelola Potensi Daerah Lewat BUMDes

Pihak desa diberikan kewenangan dalam pengelolaan potensi di wilayahnya melalui BUMDes yang ditetapkan dalam peraturan desa.

Plt Bupati Kukar Minta Kepala Desa Kelola Potensi Daerah Lewat BUMDes
HUMAS PEMKAB KUKAR
Penyerahan surat penunjukan sebagai PLT Bupati Kukar yang dilakukan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak kepada Edi Damansyah. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Plt Bupati Kukar Edi Damansyah meminta kepada seluruh kepala desa se-Kukar agar potensi di daerah dikelola dengan baik lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pihak desa diberikan kewenangan dalam pengelolaan potensi di wilayahnya melalui BUMDes yang ditetapkan dalam peraturan desa.

"Ini terus kita dorong bagaimana ke depan potensi yang ada betul-betul dikelola dengan baik, seperti BUMDes di Loa Kulu, Muara Enggelam, Sumber Sari dan Sungai Payang," kata Edi.

Ia mengatakan, BUMDes di 4 lokasi tersebut tergolong maju karena kepala desanya kreatif dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya. Mereka membangun komunikasi dan koordinasi dengan perusahaan sawit sehingga menciptakan peluang usaha yang bisa dikelola oleh BUMDes.

Baca: BREAKING NEWS - Hantam Bagian Belakang Truk, Pemuda Ini Tewas

"BUMDes di Kukar ini sudah bergerak, tinggal penguatan saja, kita imbau pada dunia usaha sektor apapun di Kukar, diminta bantu BUMDes dalam pengembangan usaha. Pihak perbankan juga bisa bantu dalam hal pemberian kredit permodalan usaha," kata Edi.

Dia berharap BUMDes yang berada di sekitar kawasan pertanian menjadi salah satu pengendali harga di petani. Sehingga hasil pertanian bisa dibeli di BUMDes.

Namun ini tak luput dari kerja sama BUMDes, pihak perbankan dan Bulog. "Selama ini kita terbiasa didukung APBD yang kemampuannya stabil. Kondisi sekarang (defisit) betul-betul menjadi pembelajaran, kita ambil hikmahnya dan bagian dari motivasi untuk makin giat bekerja. Bagaimana kemampuan yang ada ini dapat mendongkrak pendapatan," ucapnya.

Baca: Sebut Terima Banyak Masukan, Menteri Agama Segera Rumuskan Kode Etik Penceramah

Salah satu BUMDes yang berhasil mengelola potensi di daerahnya, yakni BUMDes Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis.BUMDes Muara Enggelam memiliki pendapatan bersih Rp 120 juta/tahun dari hasil pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Camat Mara Wis, Arianto mengatakan, iuran warga untuk pemakaian PLTS ditarik Rp 100 ribu/bulan/rumah, sedangkan ada kurang lebih 150 rumah yang diterangi listrik dari PLTS. Sehingga pendapatan BUMDes mencapai Rp 15 juta/bulan dikurangi biaya operasional Rp 5 juta/bulan untuk gaji penjaga dan teknisi. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved