Jadikan China Negara Adikuasa

XI Berambisi Jadikan China Negara Adikuasa dengan Militer Kelas Dunia

Presiden Xi Jinping bakal menjabat sekjen Partai Komunis. Mandat itu akan mewujudkan ambisinya mengubah China menjadi negara adikuasa di dunia.

XI Berambisi Jadikan China Negara Adikuasa dengan Militer Kelas Dunia
(WANG ZHAO / AFP)
Presiden China Xi Jinping saat menyampaikan pidato di hadapan peserta kongres Partai Komunis di Balai Besar Rakyat di Beijing, Rabu (18/10/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, BEIJING -  Presiden China, Xi Jinping, bakal menjabat sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis di negaranya selama lima tahun ke depan. Dengan begitu, dia menduduki kursi sekjen dua periode berturut-turut.

Dengan mandat yang lebih kuat, Xi akan mewujudkan ambisinya untuk mengubah China menjadi negara adikuasa di dunia dengan militer kelas dunia pada pertengahan abad ini.

Seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, Rabu (25/10/2017) ini, pengurus baru Partai Komunis akan diperkenalkan kepada rakyat di Balai Agung Rakyat setelah dipilih oleh 204 anggota partai secara konklaf.

Perdana Menteri China, Li Keqiang, juga diperkirakan akan mempertahankan kursinya.

Namun, siapapun yang akan berjalan di belakang Xi, kemungkinan hanya akan memiliki pengaruh lebih kecil dari pendahulunya.

Hal itu disebabkan karena kongres partai telah mengabadikan nama Xi dalam piagam Komunis pada Selasa (24/10/2017) waktu setempat.

Penempatan nama Xi di dalam konstitusi Partai Komunis telah membuatnya sejajar dengan pendiri China, Mao Zedong, dan Deng Xiaoping, seorang reformis di bidang ekonomi.

"Pemikiran Xi Jinping akan menjadi ideologi dan komunisme baru di China," tulis kantor berita resmi Xinhua.

Pengakuan tersebut menetapkan Xi sebagai kekuatan negara yang berpotensi membalikkan model kepemimpinan yang diperkenalkan oleh Deng dan dua pendahulu Xi, Hu Jianto dan Jiang Zemin.

Pada dua pemerintahan terakhir, keputusan diambil dari hasil politik dagang sapi (horse-trading), semacam politik transaksional, dan  konsultasi di antara anggota komite tetap, tetua dewan partai, yang telah memimpin China sejak kematian Deng pada 1997.

Dengan penempatan nama Xi dalam konstitusi, membuatnya menjadi otoritas tertinggi yang memberi putusan dalam semua kebijakan besar.

Semua mata akan memandang mereka yang bakal terpilih menjadi komite tetap Partai Komunis siang ini.

Kepala peneliti dari Institut Mercator Jerman yang mempelajari China, Mattias Stepan, mengatakan Xi tetap akan membutuhkan orang-orang yang cakap untuk berdiri disampingnya guna memenuhi target-targetnya. "Bahkan Mao bukan pertunjukan satu orang saja," katanya.

 (Pascal S Bin Saju)
 

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul "XI Ingin Jadikan China Negara Adikuasa dengan Militer Kelas Dunia"

Editor: Maturidi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved