Bangun Kota Baru Bernilai Rp 6 700 T

Pangeran Mohammad bin Salman Akan Bangun Kota Baru di Pesisir Laut Merah Bernilai Rp 6.700 Triliun

Pangeran Mohammad bin Salman berencana membangun kota di pesisir Laut Merah Arab Saudi yang berbiaya sekitar Rp 6.700 triliun.

Pangeran Mohammad bin Salman Akan Bangun Kota Baru di Pesisir Laut Merah Bernilai Rp 6.700 Triliun
(Arab News)
Pangeran Mohammed bin Salman, putra mahkota baru Kerajaan Arab Saudi. 

TRIBUNKALTIM.CO, RIYADH - Putra mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, negeri itu tengah berbicara dengan beberapa perusahaan besar di dunia. Hal ini dilakukan sebagai bagian untuk mengembangkan sebuah kota yang akan dibangun Arab Saudi di pesisir Laut Merah berbiaya 500 miliar dolar AS atau sekitar Rp 6.700 triliun.

Neom, nama proyek raksasa itu, dijadwalkan akan dibuka pada 2025, dengan operasional terbatas paling cepat pada 2020.

Kepada Bloomberg News, Pangeran Mohammed mengatakan, Amazon, Alibaba Group Holdin, dan Airbus adalah sebagian perusahaan raksasa dunia yang terlibat dalam pembicaraan itu.

"Kami berdiskusi dengan siapa saja. Kami memiliki daftar nama dari seluruh dunia yang terkait dengan proyek ini," kata pangeran berusia 32 tahun itu.

Pangeran Mohammed mengatakan, dia mencoba untuk membawa Arab Saudi keluar dari ketergantungan terhadap produksi minyak bumi.

Perubahan ekonomi dan sosial yang direncanakan sejak 2015 sudah termasuk penjualan saham perusahaan minyak Aramco dan mengakhiri larangan perempuan mengemudikan mobil.

Pekan ini, Pangeran Mohammed akan mengumumkan proyek ambisius itu sekaligus membawa Saudi menjadi negara Islam yang lebih moderat.

Kembali ke proyek kota Neom, Pangeran Mohammed berambisi kota itu akan menjadi kota yang dikendalikan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi internet.

"Robot pertama di kota Neom adalah Neom sendiri," kata sang pangeran.

"Berkas kesehatan Anda tersambung dengan pasokan kebutuhan rumah Anda, dengan mobil Anda, dengan keluarga, dan dengan berkas-berkas lain. Dan sistem akan mengembangkan diri sendiri untuk memberi Anda hal yang lebih baik," papar dia.

Halaman
12
Editor: Maturidi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved