Masuk Nominasi, Inilah Keunikan dan Keistimewaan Pulau Kakaban

Pulau Kakaban memang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, di pulau ini terdapat danau prasejarah

Masuk Nominasi, Inilah Keunikan dan Keistimewaan Pulau Kakaban
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
WISATA FAVORIT - Pulau Kakaban menjadi salah satu objek wisata bahari favorit para pengunjung Kepulauan Derawan. Dalam sehari, rata-rata pengunjung mencapai 300 hingga 400 orang. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Hari Selasa (30/10) ini merupakan hari terakhir penilaian program Objek Wisata Unik Terpopuler, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI. Seperti diketahui, Pulau Kakaban yang ada di Kabupaten Berau masuk sebagai salah satu nominasi.

Kepala Dinas Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui hasil penilaian berdasarkan voting melalui pesan singkat atau SMS tersebut. Namun pihaknya optimistis, Pulau Kakaban akan keluar sebagai pemenang.

Pasalnya, berdasarkan laporan hasil voting terakhir yang diterimanya pada bulan Agustus lalu, Pulau Kakaban meraih suara tertinggi, yakni 25,2 persen. Mengungguli objek wisata unik lainnya, seperti objek Wisata Lapindo yang meraih 13,9 persen suara.

Menyusul kemudian objek wisata Gua Jomblang, di Gunung Kidul yang meraih suara 13,4 persen. Pulau Kakaban unggul diantara 10 objek wisata unik nasional lainnya.

Mappasikra mengatakan, Pulau Kakaban sendiri masuk sebagai salah satu objek wisata bahari favorit selain Pulau Derawan, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki.

“Pulau Kakaban termasuk yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Kalau di rata-rata, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Kakaban mencapai 300-400 orang per hari,” ungkapnya, Senin (30/10).

Pulau Kakaban memang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, di pulau ini terdapat danau prasejarah, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis ubur-ubur tanpa sengat.

Hilangnya sistem pertahanan ubur-ubur ini karena tidak ada predator alami di Pulau Kakaban. Pulau semacam ini, hanya ada dua di dunia, yakni di Micronesia dan di Kabupaten Berau.

Selain itu, Pulau Kakaban juga pernah dinobatkan sebagai salah satu objek wisata penyelaman terbaik oleh media internasional, Cable News Network (CNN). CNN menyebut, Pulau Kakaban sebagai salah tujuan tujuan wisata penyelaman terbaik di Asia.

Dari 10 objek wisata selam yang disebutkan CNN, Kakaban menempati urutan ketiga setelah Pulau Sipadan, Malaysia dan Pulan Similan di Thailand.

Dalam deskripsinya, kebanyakan wilayah laut mengalami kerusakan terumbu karang serta polusi yang mengancam ekosistem laut, namun hal itu tidak terjadi di Pulau Kakaban.

Dikutip dari CNN, ada populasi ubur-ubur yang tidak biasa di Pulau Kakaban.  “Bebas dari predator alami, mereka (ubur-ubur) berevolusi menjadi mahluk tanpa pertahanan, dan tumbuh tanpa sengat,” tulis Tannia Vera dari CNN. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved