Berita Pemkab Kutai Timur

Bupati Ismunandar Tutup Pelas Tanah II

Acara berlangsung meriah dihibur oleh The next Band, artis dangdut lokal maupun Ibukota, Velin Shu dan Kiki Bintang Pantura 4.

Bupati Ismunandar Tutup Pelas Tanah II
istimewa
Bupati Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang dan Sekda Irawansyah menutup kegiatan Pelas Tanah II di Lapangan STQ Kecamatan Sangatta Utara 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar, menutup secara resmi pergelaran Pesta Adat Pelas Tanah II dan Pesona Kutim 2017 di Taman Bersemi, Sangatta Utara, yang dihadiri ribuan masyarakat Sabtu malam, (28/10). Acara berlangsung meriah dihibur oleh The next Band, artis dangdut lokal maupun Ibukota, Velin Shu dan Kiki Bintang Pantura 4.

 Ketua umum H Mugeni mengatakan acara yang dilaksanakan kurang lebih 7 hari sejak Minggu (22/10) dengan berakhir sabtu malam (28/10), diisi dengan kegiatan diantaranya launcing Tarian Jepen, ritual adat beluluh, lomba olahraga tradisional, pagelaran seni etam, karnaval budaya nusantara, lomba festival kuliner dan ditutup dengan makan bebaki serta belimbur tepung.

 Bupati Ismunandar mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan menyukseskan acara pelas tanah II. Dengan kegiatan ini Ismunandar berharap, agar pergelaran Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Kutim di tahun yang akan datang dapat terlaksana lebih meriah dan penuh dengan persiapan.

 "Untuk itu saya sarankan juga untuk tahun 2018 agar dibentuk panitia permanen yang khusus mempersiapkan pelaksanaan pesta adat ini, jadi tidak lagi ada pembentukan panitia yang menghabiskan waktu sampai satu bulan," katanya.

 Ketua Lembaga Adat Besar Kutai Kutim H Sayyid Abdal Nanang menambahkan,  pelas tanah yang kedua kali dilaksanakan diharapkan dapat membawa berkah dan kebaikan bagi seluruh masyarakat Kutim. 

“Kutim bukan hanya kaya dengan sumber daya alam seperti batubara dan minyak bumi, namun sektor pariwisata juga sudah menjadi andalan Kutim untuk mendongkrak   pendapatan asli daerah,” ujarnya.

 Sebelum menutup acara, Ismunandar terlebih dahulu membacakan sebuah pantun yang membuat ribuan penonton yang hadir dalam malam puncak acara tertawa dan merasa terhibur selanjutnya secara simbolis memukul gong tanda berakhirnya kegiatan pelas tanah 2 dan pesona Kutim 2017.

               Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang beserta isteri, Sekretaris Daerah Irawansyah beserta isteri, Wakil Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih, pejabat di lingkup Pemda, tokoh-tokoh adat dari berbagai etnis serta kerabat Kesultanan Kutai Kertanegara. (advertorial/hms10)

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved