Waspada, Seminggu ke Depan Cuaca Masih Tak Bersahabat

Hampir setiap hari dalam seminggu belakangan, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Ibu Kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor.

Waspada, Seminggu ke Depan Cuaca Masih Tak Bersahabat
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Pesawat Wings Air dari Kota Balikpapan kembali terlambat mendarat di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Jumat (3/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Hampir setiap hari dalam seminggu belakangan, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Ibu Kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor.

Dampak paling terasa dari perubahan cuaca ini adalah tidak teraturnya jadwal penerbangan yang ada di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor.

Seperti Jumat (3/11/2017), pesawat Wings Air tujuan Tanjung Selor-Balikpapan yang harusnya sudah lepas landas pukul 12.50 Wita, molor hingga pukul 16.00 Wita.

Secara umum, jelas Raden Eko Sarjono, Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas III Tanjung Harapan Tanjung Selor di ruangannya, Jumat (3/11/2017), Provinsi Kaltara khususnya Tanjung Selor, tidak mengenal musim atau non zona musim.

Baca: Sertakan Modal Rp 150 M dan Deposito Rp 400 M ke Bank, Ini Kalkulasi Keuntungan Pemprov Kaltara

"Kalau di Jawa itu kan teratur, 6 bulan kemarau, 6 bulan hujan. Di sini nggak," jelasnya.

Namun berdasarkan data, tingginya curah hujan ini masih akan terjadi hingga 1 minggu ke depan.

Kondisi ini menurutnya, disebabkan beberapa faktor, yakni adanya daerah bertekanan rendah di Samudera Pasific dan Samudera Hindia, adanya Eddy di Samudera Hindia dan pantai Barat Sumatera, sirkulasi Eddy di Sulawesi, dan adanya Siklon Tropis “Damrey”. 

Kejadian-kejadian ini cukup siginifikan menumbuhkan awan-awan yang bisa mendatangkan hujan.

Halaman
123
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved