Kesehatan

Redakan Batuk dengan Oleskan Balsam Hangat di Kaki, Benarkah Efektif?

Saat tubuh demam dan batuk datang, kita seringkali mengolesi beberapa bagian tubuh, termasuk kaki, dengan balsam hangat.

Redakan Batuk dengan Oleskan Balsam Hangat di Kaki, Benarkah Efektif?
HEALTH ME UP
Ilustrasi - Pijatan pada kaki bisa membantu perempuan merasa rileks sekaligus meningkatkan gairah bercinta. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Saat tubuh demam dan batuk datang, kita seringkali mengolesi beberapa bagian tubuh, termasuk kaki, dengan balsam hangat.

Mengapa di kaki?

Apakah hubungan kaki dengan mengobati batuk?

Dokter anak dari Rutgers University Satya D. Narisety, MD, mengatakan kepada Parents.com, "Bahan aktif mentol pada balsam yang dioleskan pada telapak kaki sebenarnya tidak membuka saluran napas atau memecah lendir, tapi itu mampu merangsang otak Anda untuk melancarkan jalan napas, sehingga terbuka, dan Anda tidak terlalu sesak. Batuk pun bisa mereda."

Joe Graedon, seorang farmakolog dari University of Michigan, memiliki teori tentang bagaimana pengobatan balsam pada kaki menggunakan balsam Vicks VapoRub dapat bekerja.

Ilustrasi - memijat telapak kaki
Ilustrasi - memijat telapak kaki (CherriesJD)

Penelitian tersebut berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan pemenang Nobel Rod MacKinnon, M.D., dan koleganya Bruce Bean, Ph.D., dari Harvard University.

Studi MacKinnon dan Bean menunjukkan bagaimana saraf yang terlalu terstimulasi dapat memicu kram otot.

Mereka menemukan bahwa minum minuman hangat dari ekstrak kayu manis, jahe, dan lada dapat merangsang saraf di mulut, tenggorokan, dan perut, yang mempengaruhi tulang belakang untuk mengatasi saraf yang menyebabkan kram otot.

Baca: Campuran Kecap Manis dan Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan Batuk? Begini Penjelasannya

Temuan ini membantu menjelaskan bahwa rangsangan saraf bisa mempengaruhi tulang belakang untuk membantu meredakan beberapa gejala penyakit akibat saraf yang terlalu terstimulasi, seperti pada kram dan batuk.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved