Teater Junjung Nyawa Tawarkan Potret Ibu Kota Negara, Sukses Kocok Perut Penonton 2 x 45 Menit

"Anak muda. Surprise! Teater masih hidup di Balikpapan," kata salah seorang penikmat seni, Wijaya usai pertunjukkan.

Teater Junjung Nyawa Tawarkan Potret Ibu Kota Negara, Sukses Kocok Perut Penonton 2 x 45 Menit
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Salah satu adegan Opera Kampung Bekas garapan Teater Junjung Nyawa dalam Pentas Tahunan mereka di Gedung Kesenian Balikpapan, Sabtu (25/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Di tengah banyaknya jasa hiburan yang ditawarkan di Balikpapan. Kelompok  pemuda kreatif di Balikpapan ini memberikan tawaran hiburan alternatif bagi masyarakat kota beriman (sebutan Balikpapan).

Ya, mereka merupakan aktivis pemuda yang bergerak di bidang kesenian teater. Nama kelompok kesenian ini Teater Junjung Nyawa.

Sabtu (25/11/2017) kemarin malam. mereka menyuguhkan reportoar teater berjudul Opera Kampung Bekas, di Gedung Kesenian Balikpapan (GKB).

Naskah tersebut diolah sendiri oleh anggota mereka bernama Dodi S Pur, yang disutradarai Yudi Pratama.

Pementasan teater bergenre komedi satir tersebut sukses mengocok perut ratusan pasang mata yang hadir dalam Gedung Kesenian Balikpapan.

Durasi pementasan yang hampir mencapai 2 x 45 menit tersebut, rasanya terlupakan dengan akting para pemain yang meyakinkan.

Dalam lakonnya, Junjung Nyawa berupaya menyuguhkan potret kehidupan masyarakat ibu kota Indonesia. Kesenjangan sosial di Jakarta jadi jualan visual dan isu menarik untuk kemudian direnungkan.

Di tengah kemewahan bangunan yang menjulang tinggi di Jakarta masih menyisakan kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Ibaratnya garis batas antara si kaya dan si miskin hanya setipis kulit bawang.

Perkampungan kumuh praktis bukan tempat orang berduit banyak. Beragam jenis manusia yang hidup di dalamnya harus rela menjadi korban peradaban manusia itu sendiri.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved