Hari AIDS Sedunia

1 Desember Plaza Balikpapan dan Mahasiswa Peringati Hari AIDS, Seperti Ini Acaranya

Peringatan Hari AIDS Sedunia ini juga digunakan sebagai sarana edukasi tentang bahaya penyakit yang makin meluas di berbagai lapisan masyarakat.

1 Desember Plaza Balikpapan dan Mahasiswa Peringati Hari AIDS, Seperti Ini Acaranya

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Saat ini, faktor risiko infeksi HIV-AIDS tertinggi di Indonesia bukan lagi disebabkan oleh penggunaan jarum suntik, namun akibat hubungan seksual yang tidak terproteksi.

Menyadari pentingnya keterlibatan masyarakat luas dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS, Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Keperawatan dan Plaza Balikpapan bekerjasama mensosialisasikan Hari AIDS Sedunia 2017.

Hari AIDS diperingati setiap 1 Desember. Para relawan biasanya memperingati hari tersebut dengan melakukan sosialisasi di berbagai tempat. Tanpa terkecuali Plaza Balikpapan, Hari AIDS Sedunia yang diperingati hari ini, Jumat (1/12), merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan penyuluhan guna menunjukkan kepedulian kepada Orang dengan HIV/AIDS (Odha).

Selain menunjukkan kepedulian, peringatan hari AIDS sedunia ini juga digunakan sebagai sarana edukasi tentang penyakit yang makin meluas di berbagai lapisan masyarakat.

Edukasi yang dimaksud bertujuan agar stigma masyarakat pada Odha berubah menjadi lebih positif dan saling merangkul, supaya Odha lebih terkuatkan. Dan juga acara seperti ini diadakan agar masyarakat lebih peduli pada penyakit tersebut. Bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Keperawatan.

Acara dengan nama "AIDS Day Care" ini diselenggarakan hari ini, Jumat (1/12), di area Trade Mall Plaza Balikpapan mulai pukul 14.00 - 16.00 Wita. Kegiatan kali ini akan diselenggarakan dengan membagikan pita merah kepada para pengunjung, untuk menunjukkan kepedulian pada teman-teman Odha.

Selain itu juga akan ada pembagian balon dan juga flyer yang berkaitan dengan penyakit ini. Perayaan Hari AIDS Sedunia telah menjadi agenda utama Plaza Balikpapan setiap tahunnya. Pada tahun ini, selain menyelenggarakan acara-acara tersebut untuk meneguhkan komitmen bersama antara pemerintah, Plaza Balikpapan, dan juga Politeknik Kesehatan KalimatanTimur bersama-sama menyukseskan program 3 Zero (Zero HIV infection, Zero stigma and discrimination and Zero AIDS related death).(*)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved