Defisit Bulungan

Menurunnya APBD Bulungan Sudah Diprediksi Ketua DPRD

Menurunnya kapasitas APBD Bulungan ini sudah diprediksi Ketua DPRD Bulungan, Syarwani.

Menurunnya APBD Bulungan Sudah Diprediksi Ketua DPRD
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Ketua DPRD Bulungan, Syarwani. 

Laporan Wartawan Tribun KAltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Menurunnya kapasitas APBD Bulungan ini sudah diprediksi Ketua DPRD Bulungan, Syarwani.

Menurut politisi Partai Golkar itu, beberapa kali pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengungkap tidak tercapainya penerimaan negara dalam APBN sehingga rentan menyebabkan dana perimbangan yang disalurkan ke daerah mengalami penurunan.

“Sehingga mau tidak mau, dana perimbangan tahun 2017 lebih besar dibanding 2018. Dan PAD kita hanya prediksikan Rp 76 miliar lebih. Ini tentu akan berpengaruh terhadap banaknya belanja tetapi anggaran tidak cukup banyak,” sebutnya saat disua Tribun, Kamis (30/11/2017) di Gedung DPRD Bulungan usai penetapan APBD Bulungan Tahun Agggaran 2018.

Karena itu DPRD dalam beberapa pandangan fraksi kata Syarwani sudah mengirim pesan kepada jajaran eksekutif untuk mencari sumber-sumber pembiayaan lain agar pembangunan tidak stagnan akibat defisitnya keuangan Bulungan.

Baca: Mantan Pelatih Persipura Bakal Tukangi Persiba?

Beberapa sumber pembiayan yang dimaksud seperti bantuan keuangan dan atau pembangunan langsung oleh SKPD pemprov yang lokasinya berada di Kabupaten Bulungan.

Dengan begitu beban pembangunan yang semestinya ditopang Pemerintah Kabupaten Bulungan bisa beralih ditopang oleh pemprov atau bahkan kementerian.

“Maka melalui pandangan fraksi-fraksi di DPRD sudah meminta kepada OPD agar intensif berkomunikasi dengan pemprov dan kementerian terkait. Siapa tahu ada yang bisa dilaksanakan dengan pemprov. Sehingga yang tadinya harus kita pikirkan pembiayannya melalui APBD Bulungan, bisa kita ganti dengan program yang bisa dibiayai bantuan keuangan provinsi termasuk juga kementerian,” sebutnya.

Baca: APBD 2018 Bulungan Melemah Lagi, hanya Rp 1,17 Triliun

Untuk diketahui APBD 2018 Kabupaten Bulungan ditetapkan sebesar Rp 1,17.

Besaran APBD ini lebih rendah dari beberapa tahun sebelumnya.

Baca: Natal, Ups. . . Nggak Sengaja American Airlines Liburkan Ratusan Pilotnya

Baca: Viral! Aksi Fredrich Yunadi Pengacara Setya Novanto Pamer Kemewahan, Ini Parodinya, Mirip Banget!

Tahun 2015 silam APBD kabupaten tertua di Kalimantan Utara ini sempat mencapai Rp 2,1 triliun. Lalu turun menjadi Rp 1,33 triliun pada tahun 2016. Selanjutnya tahun 2017 turun lagi menjadi Rp 1,19 triliun. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved