20 Tim Ramaikan DILo Hackaton Festival, Lahirkan Aplikasi Smart City hingga Parkir Pintar

Event besar bertajuk 'DILo Hackaton Festival (DHF) 2017 secara serentak digelar di 10 kota, Balikpapan termasuk salah satu penyelenggara

20 Tim Ramaikan DILo Hackaton Festival, Lahirkan Aplikasi Smart City hingga Parkir Pintar
HO
20 Tim dari berbagai daerah mengikuti DILo Hackaton Festival (DHF) 2017 di Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Event besar bertajuk 'DILo Hackaton Festival (DHF) 2017 secara serentak digelar di 10 kota, Balikpapan termasuk salah satu penyelenggara. Acara DILo Hackaton Festival 2017 diselenggarakan pada 25-26 November 2017 di Learning Center Telkom MT. Haryono Balikpapan.

DILo Hackaton Festival 2017 dibuka oleh Kepala DisKominfo Kota Balikpapan Tatang Sudirja, dihadiri GM Witel Balikpapan Deni Ariyanto, dan Head of DILo Balikpapan Istia Budi. Sempat dilakukan video conference dengan 9 kota lain yang menyelenggarakan DILo Hackaton Festival 2017.

Di Balikpapan DILo Hackaton Festival diikuti 20 tim dari berbagai kalangan, mulai pelajar, mahasiswa dan professional. Acara berlangsung selama 24 jam mulai pukul 13.00 (25/11) hingga 13.00 Wita (26/11).

Baca: Awal Desember, Sehari 2 Kali Kebakaran di Balikpapan Barat, Ini Komentar Kapolsek

Menurut Istiadi Budi selaku panitia penyelenggara, DHF 2017 bertujuan memberikan berbagai macam solusi bagi pemerintah, sekolah/kampus, perusahaan, dan lingkungan sekitar. Selain itu, menyiapkan dan mengembangan talenta SDM bidang programmer/coding di Kaltim menghadapi era teknologi digital.

Dari gelaran DHF 2017 banyak ide kreatif yang muncul dari peserta yang bisa diterapkan sesuai kondisi di lapangan. Seperti, berbagai ide IOT (Internet of Thing) untuk pertanian, Dashboard SmartCity, Info E-commerce, dan Parkir Pintar.

Baca: Hibur Pengguna Setia, Yamaha Gelar Touring Akbar Se-Kaltim

Hasil penilaian dari tim juri, yakni Istia Budi (Head of Dilo Balikpapan), Heru Joko Utomo (Progammer, CTO Tukangpedia), dan M. Rachmadhana (CEO Harmony) diputuskan juara sebagai berikut:

- Juara 1: Hexacrew ( Dashboard Smart City)
- Juara 2: Subuhnesia ( Info buat Traveller)
- Juara 3:Woles (IOT buat Pertanian)
- Juara Ide Terfavorit ( Parkir Pintar)
- Juara Ide Tergokil(Unity.Dev-filter Hoax Sosmed)

Pemenang mendapatkan uang tunai untuk pembinaan, piala dan sertifikat. Selanjutnya, para juara akan diseleksi untuk ikut kompetisi secara nasional.

Baca: Google Akhirnya Bayar Pajak ke Indonesia, Ini yang Diungkapkan Sri Mulyani

Dan yang belum beruntung dilakukan pembinaan dan pelatihan secara intensif untuk kembangkan talenta programmer tersebut, agar bisa memberi kontribusi bagi masyarakat, kampus dan pemerintah. (*)

Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved