Ini Dia Prospek Ekonomi Bumi Etam di Tahun Depan

Pertumbuhan ekonomi Kaltim di 2018 diprediksi tak setinggi di 2017 ini yang diperkirakan diangka 3,5 persen.

Ini Dia Prospek Ekonomi Bumi Etam di Tahun Depan
tribunkaltim.co/geafry necolsen
Aktivitas pertambangan batubara di Kabupaten Berau. Tahun 2016 diperkirakan akan ada perbaikan kondisi perekonomian Indonesia. Sayangnya, perbaikan ekonomi ini masih belum merata. 

Laporan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNKALTIM.Co, SAMARINDA - Pertumbuhan ekonomi Kaltim di 2018 diprediksi tak setinggi di 2017 ini yang diperkirakan diangka 3,5 persen.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim memprediksi, pertumbuhan ekonomi Bumi Etam di tahun depan berkisar 2,5-2,9 persen.

Dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Kaltim yang dirilis BI, disebutkan penurunan pertumbuhan ekonomi berasal dari lapangan usaha pertambangan dan konstruksi. 

Dari lapangan usaha pertambangan, rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menurunkan kuota produksi batubara ditengah isu transformasi penggunaan energi ke arah energi baru terbarukan (EBT) menjadi risiko lapangan usaha pertambangan pada sisi suplai.

 “Dari sisi permintaan, implementasi kebijakan green economy, penggunaan batu bara kalori tinggi dan normalisasi harga diperkirakan juga menjadi downside risk bagi kinerja lapangan usaha pertambangan di tahun 2018,” kata Kepala BI Kaltim, Muhammad Nur.

Baca: Jelang Akhir Tahun, Begini Stok BBM di Kota Tepian

Baca: Masyarakat Kaltim Liburan Naik Pesawat ke Luar Kota, Ini Dampaknya ke Bus

Baca: Ternyata Jodoh Dedi Mulyadi juga Berinisial D di Pilkada Jabar

Sementara, perlambatan lapangan usaha konstruksi dipengaruhi oleh kemampuan fiskal pemerintah daerah yang diperkirakan mengalami penurunan di tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved