Tips Belanja Hemat dan Sehat

Sudah pasti kamu harus membuat list barang belanjaan yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan.

Tips Belanja Hemat dan Sehat
Pengunjung berbelanja di Giant, Malaysia.(NURUL SHAFINA JEMENON) 

TRIBUNKALTIM.CO -  BIsa langsing, sehat dan punya tabungan yang cukup pasti masuk dalam daftar resolusi Anda tiap tahun, ya kan? Wajar sih punya resolusi seperti itu. Pasalnya tiap orang pasti ingin berada di posisi itu. Namun, seringkali kita kebablasan saat membelanjakan uang. Barang yang tidak penting sering kita beli juga . Saat belanja, apalagi ketika tidak direncanakan dengan baik, banyak orang membeli apa yang mereka inginkan dan akhirnya membeli banyak makanan dan barang-barang tak sehat.
Bukan hanya jadi boros, pola makan juga jadi tidak sehat karena banyak beli makanan tak sehat. Begini caranya belanja cerdas dan agar kamu selalu belanja yang sehat dan tidak tergoda belanja junk food.

1. Buat daftar belanja
Sudah pasti kamu harus membuat list barang belanjaan yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan. Membuat daftar belanja bukan hanya membuatmu mengetahui seberapa batasan belanja dan membeli hanya barang yang kamu butuhkan saja, tapi juga bisa mengendalikan pengeluaran, dan mencegahmu membeli banyak camilan dan junk food.

2. Belanja saat kenyang
Penelitian menunjukkan bahwa makan dalam keadaan lapar memicu orang untuk membeli lebih banyak barang dan junk food saat belanja. Bukan hanya jadi boros, tapi juga jadi tak sehat. Daripada membeli keripik, belilah buah, atau beli ikan daripada sosis.

3. Strategi belanja
Cek promo di setiap swalayan jika ingin mendapatkan barang lebih murah. Kamu bisa belanja saat banyak diskon atau saat ada promo saja. Dan daripada membeli dalam jumlah kecil, belilah barang dalam jumlah besar untuk jangka panjang, karena umumnya kemasan lebih besar lebih murah dibanding yang kemasan kecil.

4. Tetapkan budget
Jika kamu belanja tapi tak ingin boros, tetapkan anggaran belanja yang harus kamu patuhi aturannya. Belanja on budget juga bisa menyelamatkanmu dari belanja yang tak perlu. Kalaupun masih ada sisa, barulah kamu bisa membeli apa yang kamu inginkan.
Itu dia tips dan trik belanja sehat yang bisa kamu ikuti dan terapkan agar apa yang kamu beli selalu hal-hal yang kamu butuhkan saja dan beli makanan-makanan sehat saja. (*) 

Sumber: berbagai sumber

Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved