difteri

5.580 Warga di Kota ini Telah Diimunisasi Difteri

Pemberian vaksin Difteri secara gratis dilakukan di beberapa pos pelayanan masyarakat, klinik, kantor Camat serta di sekolah-sekolah

5.580 Warga di Kota ini Telah Diimunisasi Difteri
vaksin difteri 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur melaksanakan vaksinisasi serentak di dua kecamatan di kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi Difteri, Senin (15/1).

Dua kecamatan itu yakni, Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan.

Pemberian vaksin Difteri secara gratis dilakukan di beberapa pos pelayanan masyarakat, klinik, kantor Camat serta di sekolah-sekolah. Dengan sasaran warga berusia 0-19 tahun.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Administrasi Umum serta HAM, dr Marten Luther ikut menyaksikan pelaksanaan vaksin massal, di Kantor Camat Sangatta Utara dan SDN 001 Sangatta,

Ratusan anak-anak usia dini ramai padati ruang pertemuan Kecamatan Sangatta Utara untuk menunggu antrian vaksin difteri. Sebagian petugas sempat diadang masalah sebagian anak-anak yang ternyata ketakutan saat akan disuntik.

Setiap anak yang mendaftar untuk imuniasasi, langsung mendapatkan kartu kuning yang berisikan nama, usia dan tanggal pelaksanaan imunisasi. Kartu tersebut nantinya akan digunakan kembali pada pelaksanaan imunisasi lanjutan yang dilaksanakan pada Ferbuari dan Agustus mendatang.

Dalam kesempatannya dr Marten yang mewakili bupati menyambut baik kegiatan pemberian vaksin difteri masal tersebut.

"Karena kita ketahui bahwa difteri merupakan kejadian yang sangat luar biasa di Indonesia sekarang ini, dan juga di Kutim sudah ada warga kita yang terkena virus ini ada sekitar enam warga kutim yang positif difteri," ungkap Marten.

Marten berharap kegiatan ini dapat menekan dan bahkan menghentikan penyebaran akan virus yang sangat mematikan ini, khususnya di wilayah Kutim.

Sementara itu kadis Kesehatan Kutim Bahrani menargetkan menargetkan 2.000 masyarakat mendapat vaksin difteri dalam satu hari pelaksanaannya. Dengan menurunkan 200 tenaga medis.

"Kita menggerakkan 200 petugas kesehatan dengan target 2.000 warga mendapatkan vaksin difteri di hari pertama ini. Dengan harapan, hingga 31 Januari nanti, target 50.000 warga di dua kecamatan bisa tercapai," kata Bahrani.

Hasilnya, dari pos pelayanan Teluk Lingga diinformasikan ada 3.138 warga yang sudah imunisasi, Sangata Selatan ada 1.026 warga, Sangatta Utara ada 1.163 warga, Posko Sangatta Utara ada 252 warga. Sehingga, totalnya ada 5.580 warga.(sar)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved