Kayuh Sepeda 2.000 Km, Tri Lara Keliling Pulau Kalimantan, Ini Misi yang Dibawa

Membawa misi keragaman Tri Lara Prasetya Rina (48) mengayuh sepeda ribuan kilometer mengelilingi Nusantara.

Kayuh Sepeda 2.000 Km, Tri Lara Keliling Pulau Kalimantan, Ini Misi yang Dibawa
TRIBUN KALTIM / NALENDRO PRIAMBODO
Tri Lara Prasetya Rina, pesepeda yang akan menempuh 2000 km keliling Kalimantan. Sebelum ke Kalimantan, ia mengaku telah bersepeda menjelajahi pulau Jawa, Bali, sebagian pulau Sulawesi dan Lombok. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Membawa misi keragaman Tri Lara Prasetya Rina (48) mengayuh sepeda ribuan kilometer mengelilingi Nusantara.

Berbekal sepeda dengan tulisan 'Bhineka Tunggal Ika', perempuan asal Jawa Tengah ini tiba di Balikpapan dalam perjalanannya keliling Kalimantan. Sebelumnya, Tri Lara sudah berkeliling Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sulawesi.

Rabu (17/1) siang kemarin, cuaca di Kota Balikpapan lumayan panas. Meski demikian tak menyurutkan Tri Lara Prasetya Rina mengayuh sepedanya melewati jalanan Kota Minyak. Sebelumnya, perempuan yang biasa disapa Lara ini telah menempuh perjalanan dengan sepedanya keliling provinsi di Kalimantan. Jarak tempuh kurang lebih 1.600 km.

Baca: Sudah Lebih 3 Kali Reshuffle Kabinet, Kini Jokowi Dikelilingi Para Jenderal, Berikut Daftarnya!

Sekitar 10 menit, Tribun menunggu di sebuah kafe, sekitaran Pasar Segar, Balikpapan, Lara pun tiba. Dengan senyum lebar, perempuan berotot ini menyandarkan sepedanya merek Koga dengan tambahan lampu dan boks penyimpanan di dekat kemudi.

Sambil memperkenalkan diri, Lara melepas tali helm yang memperlihatkan belang warna kulit sawo matang, kontras dengan sekujur badannya yang berwarna sawo matang seperti terbakar matahari. Maklum, dalam sehari, ia bisa menempuh jarak sejauh 100-200 km.

"Tadi baru pulang berkeliling di dekat kampung nelayan, Kampung Baru," ujar Lara di samping sepeda warna abu-abu dengan kedua tapak ban mulai menipis.

Perjalanan ini, sengaja ia lakukan untuk memuaskan hobinya bersepeda, fotografi dan berinteraksi dengan masyarakat. Sebelum ke Kalimantan, Lara mengaku telah bersepeda menjelajahi Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sulawesi. Hampir semua etape, ia taklukan seorang diri tanpa pengawalan.

Perjalanan ini, ia jadikan sarana latihan untuk etape touring ke luar negeri. Rencana tahun depan, Lara mau touring sepeda ke Thailand, Myanmar dan perbatasan India. "Kondisi medan di negara itu mirip dengan Kalimantan, jadi buat latihan juga," ujarnya.

Baca: Sabu 1 Kg Dalam Jeriken Bekas Oli Disembunyikan di Lahan Kosong Depan Hotel Tarakan Plaza

Halaman
12
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved