Soal Revisi RTRW, Bappeda Bulungan Tunggu Anggaran Bantuan Pemprov

Dana bantuan dari Pemprov Kalimantan Utara sebesar Rp 5 miliar yang diharapkan Pemkab Bulungan sampai saat ini diakuinya belum ada penyerahan

Soal Revisi RTRW, Bappeda Bulungan Tunggu Anggaran Bantuan Pemprov
Tribun Kaltim/M Arfan
M Isnaini, Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Penyusunan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bulungan sampai sejauh ini belum berproses. Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan M Isnaini menyebutkan, instansinya tidak cukup dana untuk menggarap revisi RTRW tersebut.

Dana bantuan dari Pemprov Kalimantan Utara sebesar Rp 5 miliar yang diharapkan Pemkab Bulungan sampai saat ini diakuinya belum ada penyerahan secara resmi.

Baca: Anggotanya Gagal di Pilkada Boleh Kembali ke Polri jadi Sorotan, Begini Penjelasan Tito Karnavian

Tribun mencatat sebelumnya, Pemprov Kalimantan Utara akan membantu dana Rp 5 miliar agar Kabupaten Bulungan bisa segera mengerjakan revisi RTRW-nya. Sebab terdapat program pembangunan infrastruktur fisik dan rencana investasi di Kabupaten Bulungan yang belum terakomodir penuh di dalam RTRW Bulungan tahun 2013 yang berlaku sekarang, sehingga sulit untuk dimulai.

Seperti Program Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Tanah Kuning-Mangkupadi, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Besahan, Kota Baru Mandiri Tanjung Selor, dan beberapa lainnya.

Baca: Laki-laki Bertato di Lengan Ditemukan Tewas di Pelataran Ruko Balikpapan Regency

"Sebelum terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara memang kita sudah merencanakan revisi RTRW. Dalam menjalankan prosesnya itu tidak murah dari sisi anggaran. Itu yang membuat kami terkendala juga. Sehingga terbentuk provinsi dan sekarang oleh provinsi di-support-lah rencana kami itu dalam bentuk pendanaan," kata Isnaini, Kamis (18/1/2018).

Baca: Meninggal Dalam Keadaan Sujud, Kebiasaan Kakek Mifta Semasa Hidup Bikin Merinding

Pemkab Bulungan kata Isnaini menunggu realisasi bantuan keuangan Rp 5 miliar tersebut. Jika itu diterima, Bappeda bisa memulai pengkajian revisi RTRW.

"Kami masih menunggu itu. Sampai hari ini belum ada surat resmi dari Pak Gubernur maupun dari Sekprov tentang bantuan anggaran provinsi untuk Kabupaten Bulungan yang di dalamnya antara lain untuk revisi RTRW," sebutnya.

"Jadi makanya kalau kita ditanyakan soal progres RTRW, kami tidak bisa bergerak lakukan kalau tidak ada kepastian anggaran," tambahnya. 

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved