Arus Deras Sungai Malinau Makan Korban Dua Orang Selamat Dua Lainnya Hilang

Belum sampai di seberang, arus deras sungai tidak dapat dihindari oleh perahu. Akhirnya, perahupun karam.

Arus Deras Sungai Malinau Makan Korban Dua Orang Selamat Dua Lainnya Hilang
Tribun Kaltim/Geafry Necholsen
Hujan deras membuat debit air meningkat, BMKG memberikan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan deras yang mungkin bisa menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Purnomo Susanto

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Naas dialami Paulus Lakai (53) dan Norma (38), warga Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat Provinsi Kalimantan Utara. Perahu yang ditumpangi oleh kedua korban dan dua penumpang lainnya karam di Sungai Malinau di sekitar desa tersebut, Jumat (26/1), pukul 18.15. Adapun dua penumpang lainnya dinyatakan selamat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malinau, Elisa mengungkapkan, karamnya perahu tersebut karena derasnya arus Sungai Malinau yang tengah meluap. Sampai saat ini, pihaknya dan tim gabungan TNI, Polri tengah melakukan pencarian dua korban hilang di sekitar bantaran Sungai Malinau.

"Usai aktivitas berladang, ke-4 korban menggunakan perahu untuk menyeberang pulang ke rumah. Belum sampai di seberang, arus deras sungai tidak dapat dihindari oleh perahu. Akhirnya, perahupun karam. Korban selamat, yakni Ofni Puret (50) dan Muh Nofal (6)," ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, kemarin malam.

"Nah, menurut informasi, Nofal (6) ini merupakan anak dari Ibu Norma yang saat ini masih dalam pencarian. Memang di sepanjang Sungai Malinau ini sering dijumpai arus deras berputar di tengah sungai. Biasanya orang Malinau bilang itu limbu. Diduga, perahu terkena limbu dan akhirnya karam," lanjutnya.

Kondisi sungai tempat karamnya perahu yang gelap dan kurangnya pencahayaan menjadi kendala bagi tim SAR untuk mencari korban hilang. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat untuk menemukan korban. Seluruh daya dan upaya digunakan oleh tim untuk menemukan dua korban hilang. Hingga berita ini diturunkan, tim SAR dibantu masyarakat setempat tengah melakukan pencarian. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved