Jelang Pilgub, Ketua KPU Khawatir Kelompok Anti Demokrasi

memang ada kelompok masyarakat yang tak sependapat dengan pemilihan umum langsung. Mereka menilai pemilu

Jelang Pilgub, Ketua KPU Khawatir Kelompok Anti Demokrasi
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Noor Thoha, Ketua KPU Balikpapan 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Perhelatan pesta demokrasi tak lepas dari hambatan, termasuk datang dari kelompok atau golongan anti demokrasi yang keberadaannya telah dipastikan di Kaltim. Hal itu dibenarkan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha saat ditemui Tribun.

"Presentasenya gak tahu persis, belum ada riset, berapa warga Balikpapan yang mempunyai ideologi yang tak setuju dengan demokrasi," katanya.

Namun laporan dari petugas KPU yang tersebar di seluruh kelurahan di Balikpapan, menyatakan bahwa memang ada kelompok masyarakat yang tak sependapat dengan pemilihan umum langsung. Mereka menilai pemilu merupakan produk Demokrasi.

Baca: Pelecehan Seksual Itu Banyak Jenisnya, Simak Ulasannya Berikut

"Dari sana nampak, TPS ini di daerah ini harapannya memang kecil (partisipasi pemilih)," bebernya.

Seperti yang diketahui, suksesnya penyelenggaran pemilu terletak pada jumlah partisipasi pemilih yang memakai hak suaranya pada gelaran pemilu. Ini begitu kontradiktif dengan sikap beberapa kelompok atau golongan yang tak mau menerima sistem tersebut.

"Dari diskusi rekan-rekan penggiat pemilu, sepakat bahwa faktor ideologi juga memengaruhi tingkat partisipasi. Karena ada dari mereka tak sepaham dengan demokrasi," jelasnya.

Thoha melanjutkan, bahkan golongan tersebut sudah berani menyatakan bahwa demokrasi bukan produk dari langit. Demokrasi dinilai sebagai warisan barat, bahkan disebut thogut. Sehingga mencari pemimpin dengan cara demokrasi itu tak dibenarkan menurut ideologi mereka.

Baca: Usai Diperiksa Semalaman, Pelaku Pelecehan Pasien Cantik Hanya Beri Reaksi Begini

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved