Wah, Tempat Wisata Mirip Seaworld Bakal Hadir di Tarakan

Obyek wisata ini dapat dikunjungi masyarakat Kota Tarakan maupun masyarakat yang ada di beberapa daerah di Kaltara maupun luar Kaltara.

Wah, Tempat Wisata Mirip Seaworld Bakal Hadir di Tarakan
Tribun Kaltim/Junisah
Walikota Tarakan Sofian Raga (baju kream dan kopiah hitam) saat menghadiri sertijab Danyonif 613 Raja Alam, Rabu (31/1/2018) di Mako Yonif 613 Raja Alam 

TRIBUNKALTIM.CO - Tidak lama lagi Walikota Tarakan Sofian Raga akan meresmikan aquarium ikan yang ada di Kawasan Konservasi Magrove dan Bekantan (KKMB) yang ada di Jalan Gajah Mada atau di sebelah Pasar Gusher Kota Tarakan Provinsi Kaltara.

Dengan akan diresmikannya aquarium ikan di KKMB, tentunya menambah lagi jumlah obyek wisata menarik di Kota Tarakan.

Obyek wisata ini dapat dikunjungi masyarakat Kota Tarakan maupun masyarakat yang ada di beberapa daerah di Kaltara maupun luar Kaltara.

Baca: Ups, Ternyata Sandiaga Uno Lakukan Ritual Ini Sebelum Naik Panggung Mata Najwa

Sofian mengatakan, bahwa nantinya di aquarium ini semua jenis ikan yang ada di Kota Tarakan tersedia di aquarium tersebut, termasuk jenis ikan yang ada di luar Kota Tarakan. Di wisata aquarium ini pula menghadirkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Tak hanya jenis ikan yang ada di wisata aquarium ini. Kita juga menempatkan paraUMKM yang menjual berbagai produk unggulannya masing-masing, mulai dari batik, krupuk dan lainnya. Bahkan seniman kota Tarakan juga ada disana,” ujarnya, Rabu (31/2/2018) usai menghadiri sertijab Danyonif 613 Raja Alam.   

Baca: 5 Fakta Hubungan Veronica Tan dan Teman Spesialnya, Pernah Terpergok Adik Ahok di Singapura!

Saat ditanya apakah ada retribusi khusus bagi masyarakat yang berkunjung ke wisata aquarium ikan tersebut, dengan tegas orang nomor satu di Kota Tarakan mengatakan ada. Pasalnya retribusi ini kembali kepada keperluan operasional aquarium ikan

“Ada, karena ini sudah diatur di dalam perda jasa usahanya. Kita lakukan rertribusi ini untuk biaya operasional, salah satunya membeli makan ikan karena ikan itu butuh makan. Jadi mohon pengertiannya bagi masyarakat Tarakan,” katanya.

Sementara itu pembangunan aquarium dilakukan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tarakan Saat ini proses pembangunan aquarium hampir rampung.  Aquarium ikan yang akan dibangun ini memiliki luasan lahan sebesar 12 meterx 4 meter dan terbuat dari kaca.

Baca: Demi Belikan Rumah untuk Ibunya, Gadis Ini Rela Lelang Perawannya

Aquarium ini akan diisi dengan puluhan jenis ikan yang ada di perairan Provinsi Kaltara. Bangunan aquarium rencananya seperti  yang ada di Seaworld Jakarta dan aquarium di negara Dubai. Anggaran pembangunan aquarium kurang dari Rp 200 juta dari APBD Kota Tarakan tahun 2017.

Penulis: Junisah
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved