Pembeli Lukisan Termahal Raden Saleh Ternyata Anak Konglomerat Indonesia, Begini Keinginan Dia

dilelang dengan harga pembuka 200.000 Euro. Ruellan sendiri telah memperkirakan akan terjual di kisaran 1 juta Euro.

Pembeli Lukisan Termahal Raden Saleh Ternyata Anak Konglomerat Indonesia, Begini Keinginan Dia
Le Telegramme
Juru lelang Jack-Philippe Ruellan menunjukkan karya lukisan Raden Saleh berjudul "La Chasse au Taureau Sauvage” terjual dengan harga fantastis Rp150 miliar dalam pelelangan di Vannes, Prancis. 

TRIBUNKALTIM.CO - Lukisan karya Raden Saleh berjudul "La Chasse au Taureau Sauvage” terjual dengan harga fantastis Rp150 miliar dalam pelelangan di Vannes, Prancis, beberapa hari lalu. Juru lelang menyebut karya ini sangat luar biasa. Bukan hanya karyanya, tapi juga perjalanannya.

"Perjalanan karya ini luar biasa. Saya mengidentifikasinya setelah menemukannya di tempat yang unik. Ini adalah lukisan berkualitas tinggi, langka, menyatukan semua talenta pelukis. Potret diri, komposisi, lansekap, hingga pewarnaan. Dia dicari oleh para ahli,” kata Jack-Philippe Ruellan, sang juru lelang.

Juru lelang di Vannes Prancis ini mengatakan, bahwa lukisan tersebut dilelang dengan harga pembuka 200.000 Euro. Ruellan sendiri telah memperkirakan lukisan tersebut akan terjual dengan harga kisaran 1 juta Euro.

Meskipun pihak rumah lelang merahasiakan pembeli yang rela menggelontorkan uang Rp150 miliar, namun menurut informasi, lukisan itu dibeli oleh salah satu anak konglomerat Indonesia dari kelompok Sampoerna. Pembeli tersebut ingin lukisan karya maestro tersebut kembali ke negara asalnya.

“Pembeli adalah kolektor Indonesia yang hadir di Vannes,” kata Ruellan.

Ruellan mengatakan, raden Saleh dikenal di Belanda dimana dia tinggal. Lukisan dengan tema perburuan besar merupakan karyanya yang paling populer.

Seperti kebanyakannya obyek lukisan milik Raden Saleh lainnya, di lukisan ini pun menggambarkan aksi heroik perburuan binatang liar di abad 19. Uniknya, di setiap karyanya Raden Saleh sering melakukan “selfie”.

Pada lukisan "La Chasse au Taureau Sauvage” ini, Raden Saleh memasukkan sosok dirinya saat menunggangi kuda pada sebuah upacara perburuan adat Jawa.

[iwanoganapriansyah]

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved