Sempat Tercecer di Gudang Bawah Tanah, Lukisan Termahal Raden Saleh Ini Laku Rp 150 Miliar

Lukisan karya Raden Saleh berjudul "La Chasse au Taureau Sauvage” yang memecahkan rekor penjualan karya pelukis Indonesia,

Sempat Tercecer di Gudang Bawah Tanah, Lukisan Termahal Raden Saleh Ini Laku Rp 150 Miliar
Courtesy of French auction house Jack-Philippe Ruellan
La Chasse au Taureau Sauvage karya Raden Saleh yang terjual hampir Rp150 miliar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Lukisan karya Raden Saleh berjudul "La Chasse au Taureau Sauvage” yang memecahkan rekor penjualan karya pelukis Indonesia, ditemukan secara tak sengaja di gudang bawah tanah sebuah rumah di barat laut Prancis.

Jack-Philippe Ruellan, juru lelang di rumah lelang Vannes Prancis, mengatakan, lukisan tersebut ditemukan pada Agustus 2017 lalu di ruang bawah tanah sebuah rumah di Auray, Breton.

"Keluarga dimana lukisan tersebut ditemukan tidak tahu menahu tentang lukisan tersebut dan ingin menyingkirkan lukisan yang cukup besar ini," ucap Ruellan.

Dia menambahkan, dari penelusuran, lukisan tersebut diwariskan dari keluarga pemilik rumah sebelumnya yang mempunyai kerabat seorang diplomat dan sering bepergian ke seluruh dunia pada masa lalu.

Lukisan tersebut diyakini merupakan pesanan Jules Stanislas Sigisbert Cézard, anak dari saudagar kopi dan gula kaya asal Prancis, yang lahir di Jakarta (Batavia) pada 1829.

Werner Kraus, seorang pemerhati karya Raden Saleh, mengatakan, Jules Stanislas Sigisbert Cézard pada tahun 1859 kembali ke Prancis. Kemudian dia menjual rumah serta perabotnya termasuk karya Raden Saleh.

Informasi ini sebagaimana dipromosikan pada koran Java-Bode pada 30 April 1859 "Een schilderstuk van Raden Saleh voorstellende eene banteng Jagt" (sebuah lukisan karya Raden Saleh menggambarkan perburuan banteng).

Raden Saleh dikenal sebagai seniman modern pertama di Indonesia. Ia memperdalam kemampuannya di Belanda sebelum akhirnya terkenal di Jerman dan Paris. Karyanya selalu menggabungkan perburuan binatang dan perkelahian sebagai ciri khasnya.

Menurut Agus Dermawan T, seperti dikutip dari Jakarta Post, terdapat tidak lebih dari 30 karya milik Raden Saleh di Indonesia termasuk enam di Istana Negara.

[iwanoganapriansyah]

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved