Tak Terawat, Begini Nasib Gua Jepang di Gunung Dubbs Sekarang

Bagi yang ke lokasi ini sebaiknya menggunakan lotion anti nyamuk di tubuh supaya aman nyaman

Tak Terawat, Begini Nasib Gua Jepang di Gunung Dubbs Sekarang
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Kondisi lokasi bungker Jepang Jalan Singkep, Kelurahan Gunung Dubbs Kota Balikpapan yang ditumbuhi banyak vegetasi hijau yang liar, membuat keberadaan bungker tidak terlihat 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Rindangan pohon memayungi sebagian lahan kosong. Rumput semak belukar yang rimbun menghijaukan lahannya. Burung-burung menghinggapi, meramaikan dengan kicauan merdunya.

Atmosir itu dirasakan Tribunkaltim.co sekitar pukul 09.00 Wita pada Senin (5/2/2018) di daerah Jalan Singkep, Kelurahan Gunung Dubbs, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Secara kebetulan di daerah ini tersimpan saksi bisu perang dunia ke dua berupa bungker buatan kolonial Jepang. Peninggalan ini diberi tanda berupa papan informasi yang menyatakan bungker Jepang sebagai cagar budaya yang dilindungi oleh negara.

Baca: 148 ASN Pemkab Bulungan Dimutasi, Bupati: Bukan Karena Ada Kepentingan

Lokasi persisnya berada di lahan kosong yang tidak jauh dari Sekolah Menengah Pertama Islam Istiqomah. Jaraknya dari sekolah ke titik bungker Jepang sekitar 50 meter.

Sangat mudah untuk mencapai ke tempat ini. Menjangkau ke bungker ini yang paling jitu berjalan kaki. Kondisi geografis lokasinya sedikit berbukit. Dari pinggir jalan, mesti melewari tanah yang tinggi.

Saat masuk ke semak belukar cagar budaya ini banyak sekali nyamuk-nyamuk kebon. Bagi yang ke lokasi ini sebaiknya menggunakan lotion anti nyamuk di tubuh supaya aman nyaman, tidak gatal-gatal karena digigit nyamuk.

Baca: Kylie Jenner Bagikan Momen Manis saat Masa Kehamilan, Lihat Reaksi Travis Scott

Hal yang pasti ketika berada di lokasi ini, udaranya sangat sejuk. Banyak sekali sumber oksigen yang bersih. Seakan masih berada di tengah hutan belantara. Pandangan mata lebih banyak melihat hijar daun.

Secara kebetulan, saat berpelesiran ke tempat ini, cuaca sedang bersahabat. Sinar matahari fajar masuk ke dalam celah-celah dahan pohon yang membuat sedikit menerangi kawasan cagar budaya ini.

Baca: 6 Artis Ini Lebas Hijab Usai Bercerai, Begini Kehidupannya Sekarang, Ada yang Jadi Model Panas

Sangat disayangkan, kala Tribunkaltim.co mulai mendekat, bungker rupanya sudah tertutup rumput-rumput dan ranting. Sebelum itu, alam di bungker ini sempat bersih tidak ditumbungi semak belukar liar. Dilihat dari kejauhan, bungker sudah tidak terlihat lagi wujudnya karena telah tertutup vegetasi hijau.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved