Makam Bapak Pembangunan Samarinda Dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan, Ini Sosok Kadrie Oening

Makam mantan Wali Kota Samarinda yang ketiga, akhirnya dipindahkan ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Jalan Kesuma Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur.

Makam Bapak Pembangunan Samarinda Dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan, Ini Sosok Kadrie Oening
TRIBUN KALTIM/CHRISTOPER DESMAWANGGA
Prosesi pemindahan makam M Kadrie Oening, dari pemakaman umum Jalan Abul Hasan, ke Taman Makam Pahlawan, jalan Kesuma Bangsa, Selasa (6/2/2018). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Makam mantan Wali Kota Samarinda yang ketiga, akhirnya dipindahkan ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur.

M Kadrie Oening yang yang lahir pada 1923 dan meninggal pada 1989, sebelum dipindahkan ke TMP Kusuma Bangsa, sempat disemayamkan di pemakaman umum Jalan Abul Hasan.

"Rencana pemindahan makam ini sebenarnya sudah lama, namun baru bisa terealisasikan saat ini, banyak pihak yang membantu dalam pemindahan makam ini," ucap cucu sekaligus ahli waris Kadrie Oening, Gusti Muhammad Syah Naoufal, Selasa (6/2/2018).

Baca: Ketua BEM UI Sentil Jokowi soal Gizi Buruk di Asmat, Begini Surat Menohok Dokter Muda dari Papua

Proses pemindahan makam itu sendiri telah dilakukan sejak Senin (5/2/2018) kemarin, dengan menggali kembali kuburan di pemakaman umum, Jalan Abul Hasan.

Dan, saat proses di makam taman Pahlawan, tampak kerabat, keluarga, serta instansi pemerintan, dan beberapa komunitas hadir dalam proses pemakaman yang berlangsung sederhana itu.

Prosesi penguburan kembali dilakukan oleh jajaran TNI, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), serta Kodim 0901/Samarinda, yang memimpin penghormatan terakhir kepada walikota yang disebut sebagai bapak pembangunan Kota Samarinda itu.

Baca: 2 Karyawannya jadi Korban Longsor Tembok Perimeter, GMF Tanggung Semua Biaya Perawatan

"Ini erat kaitanya dengan sejarah kota, masyatakat Samarinda punya tokoh yang membangun kota ini, dan beliau ini sosok yang tegas, saat memimpin pemerintahan maupun di lingkungan keluarga," kenangnya.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved