Kabut Tebal Empat Speedboat di Tarakan Tunda Keberangkatan

Sebenarnya gelombang laut masih batas normal yaitu di bawah 50 centimeter. Yang kami khawatirkan itu, karena adanya hujan deras

Kabut Tebal Empat Speedboat di Tarakan Tunda Keberangkatan
TRIBUN KALTIM / JUNISAH
Kepala Patroli KSOP Tarakan, Syaharuddin 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Hujan deras yang mengguyur Kota Tarakan Provinsi Kaltara dari pagi hingga siang, Selasa (6/2/2018) mengakibatkan empat unit speedboat di Pelabuhan Tengkayu I terpaksa menunda keberangkatannya.

Empat unit speedboat yang mengalami penundaan itu dengan berbagai tujuan, yakni dua speedboat tujuan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan dan dua speedboat masing-masing tujuan Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tarakan Letkol Marinir Abdul Rahman melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Tarakan, Syaharuddin mengungkapkan, penundaan sementara dilakukan, bukan karena gelombang, melainkan adanya kabut.

"Sebenarnya gelombang laut masih batas normal yaitu di bawah 50 centimeter. Yang kami khawatirkan itu, karena adanya hujan deras ini mengakibatkan kabut, sehingga jarak pandang terbatas," ucapnya, di ruang kerjanya, kemarin.

Tak hanya itu, kata Syaharuddin, sekitar pukul 08.08 terjadi angin kencang dari arah timur dengan kecepatan 4,8 knot dan bahkan pukul 08.11 kecepatan angin bertambah menjadi 4,9 knot. Melihat situasi ini empat unit speedboat menunda sementara keberangkatannya.

Menurut Syaharuddin, empat unit speedboat yang mengalami penundaan sementara, karena berangkat dari pukul 07.00 hingga pukul 09.30. "Setelah kabut menipis dan jarak pandang kembali normal 4 speedboat yang ditunda keberangkatanya sekitar pukul 10.00, melanjutkan kembali perjalanannya. Sedangkan speedboat yang lainnya berangkat sesuai jadwal," ucapnya. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved