Inilah Tipe-tipe PLBN yang akan Dibangun Pemerintah Pusat di Provinsi Kaltara

Samuel belum tahu berapa anggaran setiap tipologi PLBN. Namun pastinya itu dibiayai sepenuhnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara

Inilah Tipe-tipe PLBN yang akan Dibangun Pemerintah Pusat di Provinsi Kaltara
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Plang batas Indonesia-Malaysia di Seimanggaris, Kabupaten Nunukan diabadikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Rencana pembangunan 4 (empat) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) perbatasan Indonesia - Malaysia di Kalimantan Utara sudah sampai di tahap tipologi. Keempat PLBN yang akan dibangun di provinsi bungsu ini punya tipologi yang berbeda-beda.

PLBN di Sungai Nyamuk (Sebatik, Nunukan) digambarkan sebagai PLBN bertipologi A. Lalu PLBN Labang Kecamatan Lumbis Ogong (Nunukan) dan Long Midang (Nunukan) bertipologi B. Kemudian PLBN Long Nawang Kecamatan Kayan Hulu (Malinau) bertipologi C.

Setiap tipologi punya besar areal dan layanan yang berbeda-beda. Kepala Biro Pengelolaan Perbatasan Setprov Kalimantan Utara Samuel ST Padan menjelaskan, PLBN bertipologi A merupakan PLBN level tertinggi, disusul di bawahnya tipologi B dan C.

"Ada 7 PLBN yang diresmikan Pak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu itu baik di Papua, Nusa Tenggara, dan Kalimantan Barat itu bertipologi A semua. Pelayanannya sangat lengkap," kata Samuel kepada Tribun, Kamis (8/2/2018).

Belum diketahui pasti penyebab perbedaan tipologi PLBN ini. Padahal berdasarkan kajian Pemprov Kalimantan Utara, empat titik yang akan dibanguni PLBN bisa masik tipologi A seluruhnya. Atas hal ini, Pemprov Kalimantan Utara sebut Samuel mencoba meminta indikator-indikator penilaian tipologi tersebut.

"Semuanya kita lihat bahwa 4 PLBN itu punya kesamaan. Seperti hasil kajian Unmul soal Labang dan Long Midang itu bertipe A," sebut mantan Camat Krayan Kabupaten Nunukan ini.

Sebelum masuk ke tahap pembangunan fisik, terlebih dahulu PLBN akan dibuatkan Instruksi Presiden (Inpres). Inpres akan menjadi payung hukum pembangunan PLBN. Tanpa Inpres, PLBN belum bisa mulai didirikan di beranda-beranda terluar NKRI di Kalimantan Utara.

"Bulan ini juga tim dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mau turun menyurvei titik-titik itu. Kita belum ada informasi soal kapan PLBN itu diteken PLBN," katanya.

Samuel belum mengetahui pasti berapa anggaran setiap tipologi PLBN. Namun pastinya infrastruktur di tapal batas negara itu dibayai sepenuhnya APBN.

"Hanya lahannya saja yang disiapkan daerah. Dan syukurnya empat titik pembangunan PLBN di Kalimantan Utara sudah siap semua. Jadi tinggal tunggu Inpresnya terbit lalu mulai pekerjaan di lapangan," sebutnya.

Samuel mengatakan, pembangunan empat PLBN di Kalimantan Utara sudah menjadi janji Presiden untuk menuntaskannya sebelum berakhir masa jabatan. Selain empat di Kalimantan Utara ada pula 5 (lima) PLBN di provinsi lain yang akan dibangun bersamaan. (*)

boks aja
RENCANA PEMBANGUNAN PLBN DI KALTARA
1. PLBN di Sungai Nyamuk, Sebatik, Nunukan bertipologi A.
2. PLBN Labang Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan bertipologi B
3. PLBN Long Midang Nunukan bertipologi B.
4. PLBN Long Nawang Kecamatan Kayan Hulu, Malinau bertipologi C.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved