Semua Siswa Sekolah di Kawasan Teritip di Vaksin Difteri

jadwal vaksin untuk siswa tingkat SMP dan SMA dilakukan bertahap. Hari ini kebetulan sekolah MTS Hidayatul Mustaqim.

Semua Siswa Sekolah di Kawasan Teritip di Vaksin Difteri
TRIBUN KALTIM / SITI ZUBAIDAH
Siswa MTS Hidayatul Mustaqim Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, disuntik vaksin difteri pada pukul 15.00 Wita, Rabu (7/2/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setelah ditetapkan kawasan Teritip sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, melalui Puskesmas Teritip melakukan upaya pencegahan yakni melakukan vaksin difteri.

Rabu (7/2) kemarin, ratusan siswa MTS Hidayatul Mustaqim Teritip, Balikpapan Timur mendapatkan vaksin difteri, sebagai upaya pencegahan. Suntik Difteri ini dilakukan pada pukul 15.00 Wita, saat siswa tidak ada jam pelajaran.

Kepala Puskesmas Teritip Sulaiman SKM mengatakan, jadwal vaksin untuk siswa tingkat SMP dan SMA dilakukan bertahap. Hari ini kebetulan sekolah MTS Hidayatul Mustaqim. Sekolah ini jaraknya kurang lebih 50 meter dari Puskesmas Teritip.

"Kami lakukan vaksin bertahap, pemberian vaksin sudah dilakukan kemarin pertama kali memberikan vaksin ke sekolah Pesantren Hidayatulah, ada 50 persen siswanya yang mendapatkan vaksin. Kedua di MTS Hidayatul Mustaqim," kata Sulaiman.

Diapun menyebutkan khusus MTS Hidayatul Mustaqim 100 persen siswanya mendapatkan vaksinasi.

"Kami memberikan vaksin untuk tingkat SMP dan SMA, ada sekitar delapan sekolah SMP dan SMA yang ada di Teritip, setelah semua selesai kami akan melanjutkan ke murid SD dan masyarakat," ujar Sulaiman.

Untuk jumlah siswa yang sudah divaksin, Di Pasantren Hidayatulah ada 148 murid, sedangkan untuk MTS Hidayahtul Mustaqim ada 155 orang.

"Sosialisasi terus kami lakukan, mulai dari pencegahan dan penanganannya. Banyak warga lainnya yang datang dengan gejala-gejala difetri. Kalau gejala langsung diperiksa oleh dokter, kalau positif langsung dirujuk ke ruang isolasi, ungkapnya. (dha)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved