Jangan Sepelekan Perawatan Gigi Masa Anak-anak, Bisa Masalah saat Dewasa Loh!

Rasa takut, trauma, menjadi beberapa masalah yang paling sering ditemui ketika ingin membawa anak berobat ke dokter gigi.

Jangan Sepelekan Perawatan Gigi Masa Anak-anak, Bisa Masalah saat Dewasa Loh!
ISTIMEWA
Dokter spesialis dokter gigi anak drg Olivia Trifina Ngo, MDSc., Sp.KGA sedang memeriksa kondisi gigi seorang anak di ruang pratiknya yang ada di RS Dirgahayu, Jalan Merbabu. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Rasa takut, trauma, menjadi beberapa masalah yang paling sering ditemui ketika ingin membawa anak berobat ke dokter gigi.

Tak mau anaknya terlihat menderita atau masalah gigi anak juga dirasa belum mengkhawatirkan, atau karena kurangnya pengetahuan seputar kedokteran gigi anak, sebagian orangtua lebih memilih mendiamkan masalah, dan memutuskan tak perlu datang ke dokter gigi.

Padahal di lain sisi, membiarkan masalah atau abai melakukan perawatan sejak dini sangat berpotensi menimbulkan permasalahan gigi ketika anak dewasa nantinya.

Dokter spesialis gigi anak di RS Dirgahayu Samarinda, drg Olivia Trifina Ngo, MDSc., Sp.KGA menuturkan, masalah-masalah ini sebenarnya sudah lama terjawab dengan hadirnya spesialisasi kedokteran gigi anak.

Baca: Ampuh Cegah Jerawat, Inilah 7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Wajahmu Mulus!

Bidang kedokteran gigi anak ini bertujuan mencegah dan merawat penyakit gigi dan mulut secara komprehensif, baik anak yang normal atau anak berkebutuhan khusus (ABK), yang berusia 0 - 12 tahun.

Karena yang dihadapi adalah anak-anak, tutur Olivia, maka pendekatan yang dilakukan juga harus sesuai psikologis anak, sehingga anak-anak tidak trauma ketika dibawa ke dokter gigi.

"Kedokteran gigi anak ini lebih ke manajemennya. Kalau anak-anak, ketika ke dokter gigi kan mikirnya sakit, takut, jadi manajemennya juga berbeda dengan pasien dewasa," tutur Olivia ketika berbincang-bincang dengan Tribunkaltim.co di ruang praktiknya di RS Digahayu Samarinda, Jalan Merbabu, Sabtu (10/2/2018).

Baca: Imlek, Ini Nih Kue Keranjang yang Selalu Dinanti, Lihat Yuk Cara Pembuatannya

Halaman
123
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved