Harga Cabai Mencapai Rp 59.000/Kg

Harga cabai rawit merah memang paling tinggi karena produksinya tidak banyak. Sementara cabai rawit masih banyak barangnya di pasar

Harga Cabai Mencapai Rp 59.000/Kg
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Taufik, pedagang rempah-rempah yang didampingi istrinya menjual cabai oplosan di Pasar Pandansari Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (23/1/2018) pagi. Komoditi cabai oplosan ini berbandrol Rp 40 ribu per kilogramnya. 

> Maret, Diprediksi Masih Mahal
TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Hingga Maret 2018, harga komoditas cabai masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Sampai saat ini harga cabai masih bertahan di angka yang tinggi.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, saat ini harga cabai yang paling tinggi merupakan cabai rawit merah. Harganya saat ini sudah mencapai Rp 59.000 per kg.

Sementara, harga cabai rawit hijau sekitar Rp 38.000 per kg, harga cabai keriting merah dan cabai keriting hijau sekitar Rp 44.000 per kg dan harga cabai TW sekitar 50.000 per kg.

"Harga cabai rawit merah memang paling tinggi karena produksinya tidak banyak. Sementara cabai rawit masih banyak barangnya di pasar," ujar Abdullah kepada Kontan.co.id, Kamis (1/3).

Berdasarkan laman info pangan Jakarta, saat ini harga rata-rata cabai rawit merah memang paling tinggi atau sekitar Rp 58.594 per kg. Sementara, harga rawit hijau sekitar Rp 37.270 per kg dan harga cabai keriting merah sekitar Rp 43.459 per kg.

Bila dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, harga cabai memang memang cenderung stabil tinggi.
Berdasarkan data yang dihimpun Kontan.co.id, pada Januari harga rawit hijau mencapai Rp 50.000 per kg, sementara harga cabai rawit merah mencapai Rp 60.000 per kg.

Sementara pada Februari, harga cabai rawit hijau sekitar 50.000 per kg dan harga cabai rawit merah di atas 40.000 per kg.

Menurut Abdullah, harga cabai yang tinggi ini akibat curah hujan yang tinggi, sehingga panen dan pengiriman cabai terganggu. (*)

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved