Korupsi KTP Elektronik

Novanto Siap Ganti Uang E-KTP 3,5 Juta Dolar AS Jika Diterima Keponakannya: Jujurlah Terhadap Saya

"Saya minta Irvan sejujurnya terhadap saya, karena dalam surat dakwaan, saya terima 3,5 juta dollar AS dari Irvan. Jangan berpikiran saya adalah Om,"

Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo memberikan keterangan saat sidang lanjutan kasus korupsi pengadaan KTP elektronik dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (5/3/2018). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum salah satunya yakni Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Setya Novanto mengaku siap mengganti semua uang yang menurut jaksa diterimanya dalam proyek e-KTP, apabila penerimaan itu diakui oleh keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi.

Hal itu dikatakan Novanto saat menanggapi keterangan yang disampaikan Irvanto dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (5/3/2018).

"Saya minta Irvan sejujurnya terhadap saya, karena dalam surat dakwaan, saya terima 3,5 juta dollar AS dari Irvan. Jangan berpikiran saya adalah Om," ujar Novanto.

Novanto kemudian bertanya kepada Irvan, kapan dan di mana dia pernah diberikan uang 3,5 juta dollar AS.

Menurut Novanto, apabila penyerahan uang itu diakui oleh Irvanto, ia siap mengganti kepada negara. "Saya sudah buat pernyataan ke penyidik, apabila diakui oleh Anda (Irvan), saya siap mengganti. Pernah tidak memberikan kepada saya?" Kata Novanto.

Namun, keterangan Irvan tetap sama seperti menjawab pertanyaan hakim dan jaksa. Irvan membantah menyalurkan uang 3,5 juta dollar AS dari Biomorf Mauritius.

"Di sini saya terangkan, saya sungguh tidak pernah berikan kepada Om saya dalam bentuk apapun dan berupa apapun untuk proyek apapun. "Saya bersumpah, saya enggak pernah memberikan apapun ke Pak Nov," kata Irvanto.

[Abba Gabrillin, Kompas.com]

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved