Rizal Effendi Maju Pilkada, Rahmad Masud Otomatis jadi Plt Walikota Balikpapan

tim pengusung, akan mengusulkan dua nama kepada DPRD setempat, dari dua nama itu salah satunya nanti akan dipilih oleh DPRD.

TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Pasangan nomor urut 1 Calon Gubernur Andi Sofyan Hasdam dan Calon Wakil Gubernur Rizal Effendi resmi mendaftar di hadapan Ketua KPUD Kaltim, Muhammad Taufik, sejumlah komisioner dan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kalimantan Timur Galih Akbar Tanjung di Kantor KPUD Kaltim, Sabtu (3/3/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan menetapkan pelaksana tugas (Plt) untuk kursi Walikota Balikpapan, dimana Walikota Balikpapan Rizal Effendi maju dipemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur berpasangan dengan Sofyan Hasdam, menggantikan posisi almarhum Nusyirwan Ismail.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, Rabu 97/3/2018) mengatakan, Pergantian walikota ketika terjadi pencalonan diatur di undang-undang KPU Nomor 10 dalam hal walikota/bupati mencalonkan diri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur maka walikota/bupati harus cuti.

Otomatis Wakil Walikota naik menjadi Plt Walikota.

"Kalau walikota itu jadi calon Gubernur atau Wakil Gubernur maka Wakil Walikota otomatis naik jadi Walikota, kalau mau? Pasti mau kan," kata Thoha.

Baca: Tega, Ayah Asal Samarinda Setubuhi Anak Kandungnya yang Masih 12 Tahun

Sementara, lanjut Thoha, kursi Wakil Walikota kosong, akan diisi dari partai tim pengusung.

Maka tim pengusung, akan mengusulkan dua nama kepada DPRD setempat, dari dua nama itu salah satunya nanti akan dipilih oleh DPRD.

"Dulu pasangan Pak Rizal dan Pak Rahmat itu diusung oleh Partai Nasdem, PDIP, Demokrat dan PPP. Kalau Golkar dulu mengusung Pak ABS. Sementara Partai Gerindra dan PKS mengusung Pak Heru," ungkapnya.

Baca: Hari Gini Nggak Punya Pasangan? Eh Jangan Salah, Cuma Jomblo yang Bisa Lakukan 9 Hal Ini!

Dikatan Thoha, saat ini Pak Rizal sekarang posisinya sebagai calon, otomatis di Balikpapan harus ada Plt.

"Nanti setelah masa kampanye Beliau (Rizal) akan duduk lagi untuk menjadi Walikota. Kalau jadi prosesnya sangat lama hingga dilantik," ungkapnya.

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved