Pilgub Kaltim 2018

Awang Siapkan Nama Pengganti Rizal Effendi, Rahmad Masud Belum Pasti Plt Walikota Balikpapan?

Pernyataan bersedia untuk untuk segera tak aktif kembali dalam jabatan sebagai Walikota pun diminta Awang segera diurus Rizal

TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Awang Faroek Ishak 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co,  Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Majunya Rizal Efendi, Walikota Balikpapan dalam kotestasi Pilgub Kaltim 2018, membuat Gubernur Kaltim mengaku, sedang siapkan nama yang nantinya dipersiapkan sebagai Plt Kota Balikpapan. Hal ini ia sampaikan saat dikonfirmasi Jumat (9/3/2018).

“Sesuai ketentuan UU, Rizal harus laporkan ke Kemendagri, Saya juga melaporkan ke Kemendagri. Kemudian Mendagri akan menunjuk pejabat pengganti berdasarkan usul dari Gubernur,” ucapnya.

Pernyataan bersedia untuk untuk segera tak aktif kembali dalam jabatan sebagai Walikota pun diminta Awang segera diurus Rizal, dalam hal ini, segera lakukan cuti kampanye.

Baca: KPU Kaltim Dipertanyakan, Terkait Kegiatan Sosialisasi dan Kampanye di Media Massa

“Kan itu harus disampaikan. Sekarang saja, Tak boleh ada kevacuman. Otomatis dia akan aktif di Pilkada. Pekerjaan ditinggalkan Pemerintahan tak boleh berhenti. Makanya saya tunjuk Zairin Zain, sebagai Pejabat Sementara. Balikpapan juga begitu. Terserah Kemendagri siapa yang disetujuinya,” ucapnya.

Siapa nama yang akan diusulkan Awang, disebutnya ia ikuti seluruhnya keputusan Mendagri nantinya.

“Baru tadi malam saya terima suratnya Rizal. Apakah harus Wawali, itu terserah Mendagri yang memilih Plt Kota Balikpapan,” ucapnya.

Baca: Istri Dede Sunandar Marah-marah di Medsos, Ancam Lakukan Aksi seperti Bu Dendy

Sesuai ketentuan KPU sendiri, Rizal semestinya sudah ajukan cuti sejak H+3 ia ditetapkan sebagai Cawagub Kaltim. Namun, kemungkinan, ia akan langsung ajukan cuti sejak dirinya pulang dari pelaksanaan ibadah Umroh yang berlangsung selama 5 hari. 

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved