Edukasi

Ratusan Guru TK di Samarinda Kreatif Menggambar Pakai Rumus Ini

Demi meningkatkan kreativitas anak-anak sedini mungkin, Faber-Castell melakukan program edukasi khusus bagi para gurunya.

Ratusan Guru TK di Samarinda Kreatif Menggambar Pakai Rumus Ini
Ratusan guru TK se-Kota Samarinda mengikuti workshop kreativitas yang diselenggarakan Faber-Castell bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) di Samarinda, Kamis (15/3/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kreativitas membuat manusia lebih produktif dan meningkatkan kualitas hidup, serta bisa mempermudah mencari jalan keluar dari suatu permasalahan. Demi meningkatkan kreativitas anak-anak sedini mungkin, Faber-Castell melakukan program edukasi bagi para gurunya.

Workshop ini berlangsung 13-15 Maret 2018 di lokasi berbeda. Diawali pada 13 Maret di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kemudian hari berikutnya 14 Maret di Kecamatan Anggana, Kukar, lalu berakhir di Kota Samarinda pada 15 Maret.

Di Samarinda, Kamis (15/3) kemarin, workshop dihadiri 160 guru Taman Kanak-kanak (TK) se- Kota Samarinda diselenggarakan di Gedung Penerbit Erlangga Samarinda Seberang. Kegiatan dibuka oleh Dra Hj Endang Sri Rumiati MM, Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Samarinda, mewakili Kepala Dikbud.

Dalam worskhop yang merupakan kerjasama Faber-Castell dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) ini, para guru diajak untuk lebih kreatif dalam menggambar yang diawali dengan pola-pola/bentuk dasar (basic shape) yakni lingkaran, segi tiga dan segi empat.

Mengapa menggunakan bentuk dasar? Menurut Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen, bentuk inilah yang paling mudah diingat oleh anak-anak, dan mereka dapat dengan mudah menggambarkannya. Secara tidak langsung, dengan menggambar menggunakan pola/bentuk dasar, mengajarkan anak untuk lebih dalam memahami observasi/pengamatan dan berimajinasi.

Setiap pekerjaan, jelas Richard, membutuhkan aktivitas yang namanya observasi yang dihubungkan dengan bentuk dasar, dan tenyata banyak benda di sekeliling dapat menyerupai bentuk dasar, maka ajaklah anak berimajinasi.

Workshop guru ini, lanjut Richard, merupakan bagian dari kampanye Faber-Castell #Art4All, seni untuk semua usia dan Faber-Castell di Indonesia mempunyai komitmen kuat dalam membangun generasi kreatif di Indonesia. "Peranan guru sangat penting dalam mendorong kreativitas anak. Sebab keseharian anak lebih banyak dihabiskan di lingkungan pendidikan, dan guru merupakan garda terdepan dalam pendidikan. Jadi, Faber-Castell mendorong keterlibatan guru untuk lebih kreatif sehingga bisa disalurkan kepada murid-murid," tambah Richard.(*)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved