Tak Hanya Kepada Bupati Kukar, Saksi Sebut Juga Berikan Uang Kepada Kepala Dinas

Bahkan menurutnya, hal tersebut sudah menjadi budaya dalam lingkup usaha jasa konstruksi.

Tak Hanya Kepada Bupati Kukar, Saksi Sebut Juga Berikan Uang Kepada Kepala Dinas
Tribunnews/Jeprima
Bupati Kutai Kartanegara nonaktif, Rita Widyasari bersama Khairudin saat mengikuti sidang perdana pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018). (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNKALTIM.CO - Komisaris PT Media Bangun Bersama Khaerudin menyangkal keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum KPK, Direktur PT Citra Gading Asritama(CGA)  Ichsan Suaedi di pengadilan Tipikor pada Selasa (13/4/2018).

"Yang Mulia yang saya hormati. Sebagai mana yang disampaikan saksi. Saya tidak pernah meminta uang kepada saksi dan karyawannya. Dan saya tidak pernah mengintervensi sehingga perusahaan saksi bisa menang. Dan memang faktanya seperti itu, sehingga sangat aneh jika dikatakan kemudian saya dikatakan menerima uang begitu pun juga Bu Rita. Jadi saya menolak, jika dikatakan saya menerima uang dari CGA, Yang Mulia," kata Khaerudin ketika dimintai tanggapan oleh hakim ketua.

Rita dimaksud adalah Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

Baca: Tim 7 Minta Lima Bakal Calon Wawali Samarinda Diminta Lobi Demokrat dan PKS

 Sebelumnya, Ichsan menyebut bahwa ia melalui karyawannya Marsudi pernah memberikan uang sebesar Rp 6 miliar.

Tidak hanya kepada Rita, Ichsan juga menyebut pernah memberikan uang kepada anggota DPRD, Kepala Dinas, dan pihak-pihak yang berwenang dalam setiap proyeknya di Kutai Kartanegara dan di wilayah Indonesia lainnya.

Bahkan menurutnya, hal tersebut sudah menjadi budaya dalam lingkup usaha jasa konstruksi.

Baca: Ini Alasan Pemkot dan DPRD Tarakan Tidak Mau Serahkan Aset Pelabuhan Perikanan

"Di tempat saya, orang nomor satu, mulai dari DPR, kepala dinas dan jajarannya. Untuk bupati," kata Ichsan ketika ditanya Ketua Majelis Hakim Sugianto tentang kepada siapa uang "ucapan terima kasih" itu biasanya diberikan. 

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved