Polres Berau dan Disdik Seleksi Ratusan Berkas Rekrutmen Polri

Sumarji mengungkapkan, mayoritas peserta seleksi merupakan siswa yang masih menempuh pendidikan tingkat SMA.

Polres Berau dan Disdik Seleksi Ratusan Berkas Rekrutmen Polri
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono didampingi Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Polres Berau, Kompol Sumarji memantau proses seleksi administrasi. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Geafry Necolsen

TRIBUNKALTIM.CO – Polisi Republik Indonesia (Polri) kembali melakukan penerimaan anggota baru. Rekrutmen ini juga dilakukan melalui Polres Berau. Pantauan Tribunkaltim.co ratusan peserta telah mendaftar untuk bergabung menjadi anggota Polri.

Para peserta ini akan mengikuti berbagai macam rangkaian seleksi. Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono melalui Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Polres Berau, Kompol Sumarji mengatakan, saat ini tercatat ada 183 pendaftar.

“Masing-masing, 8 orang mendaftar untuk Akademi Kepolisian, 165 orang untuk posisi Brigadir, dan 10 orang untuk calon Tamtama Polri,” ungkapnya, Selasa (10/4/2018).

Baca: Segera Beroperasi, Bandara APT Pranoto Samarinda Ternyata Baru Layani Penerbangan Jenis Ini

Berdasarkan seleksi berkas, Sumarji mengungkapkan, mayoritas peserta seleksi merupakan siswa yang masih menempuh pendidikan tingkat SMA.

"Untuk pendaftar, rata-rata masih pendidikan SMA kelas XII yang tahun ini lulus, dan sebagian ada yang sudah kuliah," jelasnya. Sesuai tahapan, setelah melakukan seleksi berkas selama tiga hari di Mapolres Berau, ratusan peserta seleksi ini kata Sumarji, akan mengikuti pemeriksaan di Mapolda Kaltim selama tiga hari.

Pihaknya optimistis, tahun ini akan lebih banyak peserta dari Berau. Pasalnya Polres dan Pemkab Berau telah menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (Mou), untuk melakukan rekrutmen terhadap anggota Polri. Melalui MoU ini, Polres Berau mulai melakukan sosialisasi, sekaligus pendidikan dan pelatihan terhadap para pelajar, yang berminat menjadi anggota Polri.

Baca: Ditanya Maukah Dinikahi Ivan Gunawan, Jawaban Faye Malisorn Bikin Ruben Onsu Lompat-lompat

Melalui MoU ini, Polres Berau memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pelajar yang beminat menjadi anggota Polri

"Harapan kami pendaftar dari Berau bisa banyak yang lulus untuk pendidikan di Polri," ujarnya.

Selain anggota kepolisian, beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Berau juga tampak ikut mendampingi proses seleksi. Suwardi, dari Dinas Pendidikan Kabupaten Berau mengatakan, keterlibatan Dinas Pendidikan dalam proses seleksi penerimaan Polri tahun 2018, untuk memastikan keabsahan serta legalitas ijazah pendaftar.

Baca: Masuk Rumah Jabatan, Bulu Kuduk Plt Gubernur Sulsel Langsung Berdiri, Tubuhnya Ikutan Panas

Suwardi mengungkapkan, dilihat dari ijazah yang dilampirkan para peseta, mayoritas merupakan lulusan SMA tahun 2017 dan pelajar SMA tahun 2018 yang kini masih dalam proses kelulusan.

"Sejauh ini kami tidak menemukan adanya ijazah palsu, semuanya sesuai dengan yang dikeluarkan dinas pendidikan," tegasnya.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved